Ternyata Hoaks, Kabar Dua Perawat RSUP Sardjito Yogyakarta Disebut Tertular Virus Corona

Ternyata hoaks, kabar dua perawat RSUP Sardjito Yogyakarta disebut tertular virus corona

Ternyata Hoaks, Kabar Dua Perawat RSUP Sardjito Yogyakarta Disebut Tertular Virus Corona
KOMPAS.COM/DEWANTORO
Seorang petugas KKP memerhatikan layar monitor yang memperlihatkan hasil thermo scanning di Bandara Internasional Kuala Namu pada Jumat (24/1/2020). Thermo scanning tersebut merupakan bagian dari kesiapsiagaan terhadap penanganan PINERE, salah satunya virus Corona. 

Ternyata hoaks, kabar dua perawat RSUP Sardjito Yogyakarta disebut tertular virus corona

POS-KUPANG.COM - Sebuah pesan hoaks menyebutkan adanya dua perawat di Rumah Sakit Umum Pemerintah ( RSUP) Sardjito Yogyakarta tertular virus corona beredar luas di aplikasi pesan WhatsApp baru-baru ini.

Adapun pesan tersebut dikirimkan oleh pihak yang mengaku sebagai Kepala Bagian Operasional Sardjito. Narasi dari pesan tersebut adalah sebagai berikut: "Pak tolong diinformasikan kepada teman2 taxol maupun konven..bila jemput pnumpang di sarjito diharuskan memakai masker...sehubungan dengan penyebaran virus seperti Wuhan dari China.pagi ini sudah ada 2 perawat yg tertular.terima kasih."

Pesan Romo Ambros Ladjar Saat Misa Arwah Sang Maestro Musik NTT Apoly Bala

Lalu, benarkan ada dua perawat di Sardjito yang tertular virus corona? Mengonfirmasi hal itu, Kompas.com menghubungi Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Sardjito, Banu Hermawan.

Tidak benar

Banu mengatakan, informasi mengenai adanya dua perawat dari RSUP Sardjito yang tertular virus corona adalah tidak benar alias hoaks.

Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi Datang di Sumba, Ini Harapan Bupati Gidion

Selain itu, katanya, di RSUP Sardjito Yogyakarta tidak ada jabatan yang bernama Kepala Bagian Operasioanl (Kabag Op) Sardjito.

"Itu kabar hoaks yang menyesatkan masyarakat," kata Banu saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/1/2020).

Banu menegaskan bahwa semua perawat di RSUP Sardjito tidak ada yang terkena atau tertular virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Selain itu, seluruh perawat di RSUP Sardjito juga telah melakukan pemeriksaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved