Petani Lamaknen Selatan, Belu Panen Cabai

Para petani di Desa Sisifatuberal, Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Provinsi NTT Yosef Tes memanen cabai

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Petani Desa Sisifatuberal, Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Provinsi NTT Yosef Tes menimbang cabai untuk dijual, Senin (20/1/2020) 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Para petani di Desa Sisifatuberal, Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Provinsi NTT Yosef Tes memanen cabai. Saking banyaknya cabai yang dihasilkan, pemilik kebun meminta bantuan tenaga dari personel Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ.

Pemilik kebun, Yosep Tes merasa senang dengan hasil panen cabai musim ini yang sangat memuaskan. Untuk mempercepat proses panen, Yosep meminta bantuan tenaga dari personil satgas di Pos Fohululik.

DBD Serang Warga Tanjung Bunga dan Ile Boleng di Flores Timur

Personel Pos Fohululik yang dipimpin Kopda Muhammad Amin bersama lima orang personel lainnya membantu pemilik kebun. Setelah memanen, personil satgas juga membantu mengangkut cabai dari kebun sampai ke rumah pemilik kebun.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Letkol (Inf) Ikhsanuddin,S.Sos.,M.M mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Senin (20/1/2020). Dikatakannya, personel Pos Fohululik terus mendorong petani di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste untuk serius dan tekun mengembangkan usaha pertanian seperti cabai.

Kasus DBD di Lembata Meningkat Drastis

Salah satu petani yang menggeluti usaha budidaya cabai adalah Yosep Tes. Mereka membudidaya cabai secara kelompok dengan luasan lahan tiga hektare. Saat ini cabai sudah usia panen. Saking banyaknya produksi cabai, petani meminta bantuan tenaga dari TNI yang berada di Pos Fohululik agar proses panen bisa lebih cepat.

Setelah panen, personel Pos Fohululik membantu mengangkut hasil panen dari kebun ke rumah pemilik kebun.

Dansatgas mengatakan, selain melaksanakan tugas pokok menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI-RDTL, personel Satgas Pamtas juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil). Seperti, memberikan bimbingan di bidang pertanian dan memberikan bantuan tenaga kepada warga masyarakat perbatasan demi meringankan beban warga.

Pemilik kebun, Yosep Tes (39) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Fohululik Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang telah memberikan bimbingan dan bantuan tenaga saat panen cabai. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved