Perumda Air Bersih Datang, Warga Sepakat Serahkan Aset Air

Tim Perumda Air Bersih Tirta Komodo Manggarai, Kabag Ekonomi dan Camat Wae Rii menggadakan pertemuan dengan masyarakat

Perumda Air Bersih Datang, Warga Sepakat Serahkan Aset Air
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man 

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Tim Perumda Air Bersih Tirta Komodo Manggarai, Kabag Ekonomi dan Camat Wae Rii menggadakan pertemuan dengan masyarakat Desa Compang Ndehes dan Satar Ngekeling, Kecamatan Wae Rii, Manggarai, Kamis (16/1/2020) pagi.

Pertemuan yang bertempat di Kantor Desa Compang Ndehes membahas pengelolaan air bersih.

Di mana di desa itu ada aset air bersih yang dibangun pada tahun 2013. Aset air bersih yang dibangun tersebut telah akan dikelola perumda untuk memperluas pelayanan air bersih bagi warga.

Tahun 2020 Bupati Sumba Barat Prioritaskan Penanganan Stunting dan Pemberantasan Kemiskinan

"Warga dua desa yakni Desa Compang Ndehes dan Desa Satar Ngkeling menerima layanan air minum yang akan dilaksanakan dan dikelola Perumda Air Minum Tirta Komodo tahun 2020," kata Direktur Perumda Air Bersih Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Kamis (16/1/2020) sore.

Ia menjelaskan, penyediaan air bersih yang dibangun sejak 2007 sampai 2008 akan dikelola perumda bagi warga Manggarai.

Kajari Maumere Terbitkan Sprin Ops Puskesmas Bola dan Waigete

Maka itu, paparnya, pihaknya sangat mengharapkan dukungam warga menjaga aset air bersih yang telah dibangun pemerintah.

Sebelumnya, pelayanan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Manggarai akan tetap ada dan diurus pemerintah di daerah ini.

Pasalnya, saat ini ada 13 sumber mata air yang sudah dibangun akan diserahkan pengelolaannya kepada Perumda Air Minum Tirta Komodo Manggarai.

Data yang diperoleh POS-KUPANG.COM di Ruteng, Selasa (14/1/2020) siang menjelaskan, ada 13 sumber air yang dibangun menggunakan dana APBN, APBD I dan APBD II lakan diserahkan pengelolaannya kepada Perumda Manggarai.

Di mana sumber air yang dibangun sejak tahun 2010 sampai 2018 telah diidentifikasi guna diserahkan kepada Perumda Manggarai.

Ketiga belas sumber mata air itu yakni Wae Pangakakala IKK Narang, Wae Puar Muwang Pagal, Wae Mberong Reo, Wae Ajang Kota Ruteng, Wae Moro Langke Rembong, IKK Cibal Barat, Desa Latung Cibal Barat, Poka Wae Rii, Kenda Wae Decer, IKK Langke Majok, Wae Mese Waso, IKK Ruteng Desa Dalo dan IKK Poco Reok.

"Pengelolaanya akan diserahkan kepada Perumda Manggarai. Kami akan kelola untuk pelayanan air bersih bagi warga," kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Selasa (14/1/2020) siang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved