Opini Pos Kupang

20 -C+M+B-20 ( Solidaritas Kita Belajar dari Anak-anak )

Mari membaca Opini Pos Kupang: 20 -C+M+B-20 ( Solidaritas kita belajar dari anak-anak )

20 -C+M+B-20 ( Solidaritas Kita Belajar dari Anak-anak )
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca Opini Pos Kupang: 20 -C+M+B-20 ( Solidaritas kita belajar dari anak-anak )

Oleh : Gabriel Adur, Bekerja di Keuskupan Agung Freising Muenchen Jerman, Peminat Masalah Kemiskinan Global

POS-KUPANG.COM - Segen bringen, segen sein, (membawa berkat, menjadi berkat)."
Dengan moto ini anak-anak yang bergabung dalam kelompok, Sternsinger, Jerman-Swiss pergi dan diutus ke setiap rumah dan keluarga. Mereka membawa berkat sekaligus menjadi berkat bagi setiap orang, keluarga dan dunia yang mereka kunjungi.

Aksi Tiga Raja dari timur ( Sternsinger ) adalah aksi solidaritas terbesar anak-anak untuk membantu anak-anak lain di seluruh dunia. Sejak berdiri tahun 1959 mereka telah mengumpulkan dana berjumlah satu miliar euro.

Susi Pudjiastuti Bawa Cucu Liburan di Maumere

Tahun 2019 mereka mengumpulkan dana berjumlah 50 Juta Euro. Untuk tahun 2020 anak-anak tiga raja mengusung thema , Perdamaian", dan menempatkan Libanon sebagai tujuan utama aksi dan solidaritas mereka.

20-C+M+B-20

Berkat dari akar kata bahasa latin: benidicere, mengatakan sesuatu yang baik dan membagikan sesuatu baik. Setiap tahun pada hari misi anak-anak sedunia mereka membawa berkat. Bukan berkat biasa tapi berkat dari Sang Hidup (Emmanuel: Tuhan yang ada bersama kita).

Tiga abjad magis mereka tuliskan pada setiap pintu masuk rumah C+M+B bukan merupakan kependekan dari nama dari tiga raja dari Timur: Caspar, Melkior dan Baltasar. Abjad-abjad ini C+M+B merupakan kependekan dari: Christus mansionem benedicat atau Kyrios mansionem benedicat.

Ini Jumlah Petugas Penyelamat dan Evakuasi Penumpang Kapal Tenggelam di Labuan Bajo

Secara harafiah diterjemahkan , Christus memberkati rumah ini. Rumah adalah tempat setiap orang menenun, merasakan dan mengalami kasih. Rumah adalah surga kecil di dunia dimana ada damai dan persaudaraan. Di mana solidaritas disemaikan dan bertumbuh.

Dengannya rumah adalah hidup. Hidup adalah berkat dan anugerah. Berkat dan anugerah bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi meski dibagikan dan dirasakan oleh orang lain. Dengannya hidup adalah hadiah terindah dari Sang pemilik kehidupan. Hidup meski diwarnai oleh cinta, kasih dan solidaritas.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved