Ahmad Atang: Pada Pilkada di NTT NasDem Diprediksi 70 Persen Rebut Kemenangan

Pengamat Ahmad Atang: pada Pilkada di NTT NasDem diprediksi 70 persen rebut kemenangan

Ahmad Atang: Pada Pilkada di NTT NasDem Diprediksi 70 Persen Rebut Kemenangan
POS KUPANG/NIA
Dr. Ahmad Atang, MM

Pengamat Ahmad Atang: pada Pilkada di NTT NasDem diprediksi 70 persen rebut kemenangan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pengamat Politik dari Universitas Muhammadyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, memprediksi NasDem akan meraih 70 persen kemenangan pada Pilkada serentak di 9 kabupaten di NTT.

Hal ini berdasarkan analisis dengan melihat posisi NasDem saat ini sebenarnya sedang mengalami tingkat kepercayaan diri yang relatif tinggi.

Pilkada 2020 - Awal Tahun KPU NTT Terima Syarat Dukungan Balon Perseorangan

Ahmad Atang kepada Pos Kupang.Com, Senin (30/12/2019) mengutarakan, prediksi raihan kemenangan 70 persen ini didasarkan pada beberapa fakta diantaranya NasDem sebagai peserta pemilu telah mendapatkan dukungan publik yang relatif merata di seluruh Kabupaten/Kota di NTT.

Kenyataan tersebut, kata Atang, menggambarkan bahwa konsolidasi politik Partai NasDem berjalan secara efektif dan infrastruktur politik bekerja dinamis untuk meloloskan kader-kader Partai NasDem untuk duduk di legislatif pada level kabupaten/kota, provinsi maupun pusat.

Menunggal dengan Rakyat, Satgas Yonif 132/BS Bangun Dapur Gereja Paroki di Netemnanu Utara

Dalam konteks pemerintahan lokal, ujar Atang, Gubernur NTT merupakan kader NasDem sehingga akan menciptakan atmosfir moral politik yang kuat bagi tumbuh dan berkembangnya Partai NasDem dalam setiap momentum politik termasuk dalam hal pilkada.

"Oleh karena itu, dalam menghadapi pilkada serentak mendatang, menurut saya Partai NasDem sangat siap baik sebagai partai pengusung maupun sebagai pendukung," kata Atang.

Memang diakui bahwa dari sembilan kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2020 tidak semua merupakan basis politik Partai NasDem. Namun, jika yang didukung merupakan figur populis maka akan menguntungkan NasDem secara politik.

"Saya melihat NasDem sangat fleksibilitas dalam menentukan sikap politik terkait penetapan arah dukungan. Karena tidak semua figur yang didukung adalah kader murni Partai NasDem. Hal ini dapat difahami bahwa dinamika lokal cenderung mengedepan figur ketimbang partai," ujarnya.

Dikatakannya bahwa walaupun hasil pemilu lalu menempatkan NasDem pada posisi atas, namun hal ini tidak inheren dengan hasil yang akan diperoleh melalui pilkada mendatang. Antara pemilu dan pilkada merupakan dua hal yang berbeda.

"Saya tidak tahu persis siapa saja figur yang ditetapkan Partai NasDem, namun hemat saya NasDem akan memenangkan 70 persen," tegas Atang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved