News

Astaga 108 Warga NTT yang Bekerja di Luar Negeri Pulang Kampung Sudah Jadi Mayat, Ini Penyebabnya

BP3TKI NTT merilis sebanyak 108 pekerja migran asal NTT telah dipulangkan dalam wujud jenazah sejak Januari-November 2019.

Astaga 108 Warga   NTT yang Bekerja di Luar Negeri Pulang Kampung Sudah Jadi Mayat, Ini Penyebabnya
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Jenazah TKI asal Sumba Barat Daya, Paulus Pati Mone tiba di Bandara El Tari Kupang, Minggu (24/3/2019). 

 POS KUPANG, COM , KUPANG - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) NTT merilis sebanyak 108 pekerja migran asal NTT telah dipulangkan dalam wujud jenazah sejak Januari-November 2019.

"Sampai dengan Kamis (28/11/2019) kemarin sudah ada kurang lebih 108 pekerja migran NTT yang sudah dipulangkan dalam wujud jenazah," ujar Kepala BP3TKI NTT, Siwa, kepada wartawan di Kupang, Jumat (29/11/2019).

Siwa mengatakan, dari 108 pekerja migran yang sudah dipulangkan dalam wujud jenazah itu, rata-rata adalah mereka yang menderita sakit di Malaysia.

Menurutnya, walaupun lebih banyak dipulangkan dari Malaysia tetapi tidak semuanya adalah pekerja migran yang legal atau yang terdaftar di data BP3TKI . "Dari jumlah itu, hanya satu yang legal, sisanya ilegal, tetapi yang satu legal itu adalah yang kerja di Sinegal," tegasnya.

TKI yang dipulangkan dalam keadaan meninggal, lanjut dia, paling banyak berasal dari Kabupaten Ende berjumlah 24 jenazah, Malaka 15 jenazah, Flores Timur 12 jenazah,
Kabupaten Timor Tengah Selatan sembilan jenazah, Timor Tengah Utara tujuh jenazah, Kabupaten Kupang delapan jenazah, Sumba Barat Daya enam jenazah, Belu lima jenazah, Kota Kupang enam jenazah.

Selain itu, Manggarai tiga jenazah dengan alamat yang tidak jelas, Nagekeo dan Sikka dua jenazah, serta Lembata, Manggarai Timur, Sumba Barat, Rote Ndao, serta Sabu Raijua masing-masing satu jenazah.

VIDEO Viral Gus Muwafiq, Mantan Asisten Gus Dur, yang Dituding Hina Nabi, Gus Miftah Ikut Komentar

Siwa mengatakan selama tahun 2019 ini pihaknya menangani sebanyak 362 kasus pekerja, 108 di antaranya meninggal dunia, dan sisanya karena pemulangan dan pekerja migran yang cuti.

"TKI yang cuti rata-rata jadi korban penipuan dari majikan, yang menjanjikan kiriman uang, tapi tidak pernah dikirim," ujar dia.
BP3TKI sendiri, kata Siwa, selama ini selalu memberikan penanganan kepada para korban pekerja migran asal NTT yang dipulangkan tersebut, mulai dari mengurus kepulangan dan proses pengantaran ke kediamannya.

Selain itu, terus melakukan sosialisasi pencegahan pengiriman pekerja migran asal NTT ilegal melalui berbagai imbauan di media sosial atau melalui media-media di NTT. (antara)

10 Fakta Sesungguhnya Polisi Amankan 31 Wanita Belia Asal Sumba yang Hendak Dijadikan TKW Malaysia

POS-KUPANG.COM | KUPANG
 - 10 Fakta Sesungguhnya 31 Cewek Asal Sumba yang Hendak Dijadikan TKW di Malaysia

Halaman
1234
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved