Gubernur Laiskodat Bongkar Perspektif Minim Masyarakat NTT Terhadap Kaum Disabilitas

Kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Bongkar Perspektif Minim Masyarakat NTT Terhadap Kaum Disabilitas

Gubernur Laiskodat Bongkar Perspektif Minim Masyarakat NTT Terhadap Kaum Disabilitas
POS-KUPANG.COM/VINSEN HULER
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat membuka MUSDA III PERTUNI NTT 2019, Senin (2/12/2019) di Aula Hotel Olive Jl. Lontar No. 4, Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. 

Kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Bongkar Perspektif Minim Masyarakat NTT Terhadap Kaum Disabilitas

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Salah satu upaya untuk membongkar perpektif yang minim dari masyarakat di daerah NTT dan masih jauh dari harapan terhadap kaum disabilitas adalah melalui pemahaman secara terus menerus sehingga mereka mampu diberdayakan agar menjadi hebat.

"Memang banyak sekali cara berpikir; perspektif terhadap disabilitas ini, saya lihat masih sangat minim pemahaman. Pemahaman ini perlu dilakukan secara terus menerus. Sejak saya menjadi Gubernur, saya melihat cara berpikir; perspektif terhadap kaum disabilitas masih jauh daripada harapan. Sebagai Gubernur, saya sedang mendorong agar kita bisa mampu siapkan dengan baik agar mereka mampu diberdayakan sehingga menjadi hebat dan saya yakin hal itu bisa kita dorong kepada teman-teman bupati di daerah-daerah agar memiliki pemahaman yang sama dengan kita. Jika perpektif dari pemimpin daerah khususnya di kabupaten menjadi baik. Maka, menurut saya, akan juga bertumbuh dengan baik," kata Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dalam kata sambutannya pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Persatuan Tunanetra Indonesia, Dewan Pengurus Daerah Provinsi NTT dengan tema yang diusung " Dengan Semangat Musda III PERTUNI, Nusa Tenggara Timur dan Pelatihan Sovenir, Kita Tingkatkan SDM Yang Unggul Dalam Membangun NTT, " di Aula Hotel Olive, Jl. Lontar No.04, Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

BPS NTT: Nilai Tukar Petani Oktober 2019 Menurun, Ini Penyebabnya

Viktor mengatakan, kehadiran kita di dunia ini dengan berbagai macam cara. Ada yang kekurangan fisik tetapi memiliki kemampuan luar biasa, ada juga yang hebat dalam musik dan bebagai macam kategori-kategori lainnya.

Bagi Viktor, kita dilahirkan ke dunia ini dengan seluruh potensi dan kekurangan yang dimiliki. Siapa pun dia, di dunia ini punya kekurangan dan kelebihan. Oleh sebab itu, kita diperkenankan untuk melakukan yang sebaik-baiknya.

Lebih lanjut dikatakan Viktor, sebagai gubernur saya telah mendorong dan tidak lama lagi kami akan mengeluarkan Peraturan Gubernur ( PERGUB ) dengan hal-hal dimaksud berkaitan dengan affirmasi terhadap disabilitas sosial dan PERGUB sedikit lagi akan selesai.

Stok Minyak Tanah Langka di Mbay

"Tentunya seluruh komponen di NTT Untuk juga membantu Peraturan Daerah ( PERDA ) yang akan dikeluarkan Gubernur guna mewujudkan program di NTT juga seluruh Stake Holders dalam perjalanan pembangunan di NTT yang terus bergerak," tandas Viktor.

Menurut Viktor, NTT juga mempunyai potensi yang hebat. karena itu, untuk mendorong pendidikan kita, tidak ada cara lain selain pendidikan; baik formal maupun informal dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia ( SDM ) secara keseluruhan.

Sambung Viktor, kami bersyukur bahwa kita memiliki semangat yang sama. Pemerintah NTT melihat disabilitas sebagai pemberian yang terbaik.Tetapi seringkali orang gagal karena selalu melihat dari sisi ketidakmampuan, hal itu merupakan kegagalan.

Tetapi juga banyak yang berhasil karena mereka mampu mengangkat kemampuan, menonjolkan kelebihan mereka sehingga membuat mereka bangga dilahirkan di bumi ini.

Oleh karena itu, kehadiran saya di sini, saya tidak melihat kehadiran saudara/i kaum disabilitas sebagai orang yang berkekurangan tetapi justru sebaliknya.

Saya melihat kehadiran saudara/i disabilitas sebagai orang-orang memiliki kemampuan hebat dan menyumbangkan pemikiran-pemikiran untuk pembangunan NTT.

"Disamping itu, juga dapat memberikan saran konstruktif untuk memberikan masukan kepada pemerintah agar dapat membangun dan mengembangkan potensi yang lebih hebat lagi dan jangan mengeluh," ujar Viktor.

Sekali lagi saya mengucapkan selamat untuk semua, semoga musda yang ketiga ini dapat berjalan dengan baik dan muda-mudahan dapat melahirkan pemikiran konstruktif bahkan mungkin juga norma-norma yang sudah menjadi acuan bagi kita dalam membuat buat PERDA untuk NTT dalam segala aspek baik itu pendidikan, politik, tenagakerja, hukum untuk kita bersainh bersama untuk menjadikan NTT. (Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Vinsen Huler)

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved