Tim Abdimas Politani Kupang Latih Petani dan Peternak Olah Limbah Ternak Agar Bernilai Ekonomis

Tim Abdimas Politani Kupang latih petani dan peternak olah limbah ternak agar bernilai ekonomis

Tim Abdimas Politani Kupang Latih Petani dan Peternak Olah Limbah Ternak Agar Bernilai Ekonomis
ISTIMEWA
Ketua Tim Abdimas, Dr. Ir. Matheus Rupa, M.Si 

Tim Abdimas Politani Kupang latih petani dan peternak olah limbah ternak agar bernilai ekonomis

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Tim Pengabdian kepada Masyarakat ( Abdimas) Politeknik Pertanian Negeri Kupang ( Politani Kupang) melaksanakan suatu kegiatan kreatif dan edukatif bagi petani dan peternak di Desa Ponaen, Kabupaten Kupang.

Kegiatan dimaksud yakni program "Produk Teknologi yang Didesiminasikan ke Masyarakat (PTDM)". Program ini merupakan salah satu skema program pengabdian yang dikelola langsung oleh Subdit Pemberdayaan Masyarakat, Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Lantamal VII Kupang Gelar Tabur Bunga di Laut Peringati Hari Pahlawan

Petani dan peternak di Desa Ponaen dilantih mengolah limbah ternak menjadi bahan yang berguna bagi kehidupan masyarakat, semisal membuat bio gas.

Ketua Tim Abdimas, Dr. Ir. Matheus Rupa, M.Si, kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (12/11/2019) menjelaskan, pihaknya memberi pelatihan dan pendampingan kepada petani dan peternak selama kurang lebih lima bulan, terhitung sejak Agustus 2019.

Dikatakannya, skema program ini bertujuan untuk mendesiminasikan (memasyarakatkan) dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian para dosen Perguruan Tinggi, berupa teknologi tepat guna (TTG) ke masyarakat sasaran yang membutuhkan.

Hari Ini Rapat Persiapan Pendaftaran CPNS 2019 di Manggarai Barat, Ini Agenda yang Dibahas

"Melalui program PTDM ini diharapkan masyarakat mitra dapat mengadopsi berbagai teknologi yang didesiminsikan untuk peningkatan produktivitas usaha serta membangun kemandirian petani," ungkapnya.

Matheus jelaskan, pihaknya bekerjasama dengan kelompok mitra yang tergabung dalam dua kelompok Tani di Desa Ponaean Kecamatan Amarasi, Kabuaten Kupang.

Kelompok tani yang dipilih sebagai mitra adalah kelompok tani yang bergerak dalam dua bidang usahatani, yaitu: usaha penggemukan (paronisasi) sapi dan usahatani sayuran.

Teknlogi yang didesiminasikan ke kelompok mitra ini adalah "Penerapan Konsep zero waste pada usaha paronisasi sapi (penggemukan) untuk menunjang kemadirian energi di Desa Ponaen.

Halaman
123
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved