Yayasan Ayo Indonesia Fasilitasi Pembentukan Kelompok Disabilitas Desa Jaong Ruteng

dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahunan Desa Jaong baik kegiatan yang bersifat pemberdayaan

Yayasan Ayo Indonesia Fasilitasi Pembentukan Kelompok Disabilitas Desa Jaong Ruteng
POS KUPANG/ARIS NINU
Pembentukan-Pembentukkan kelompok kaum disabilitas di Desa Jaong, Kecamatan Satar Mese, Manggarai. 

Yayasan Ayo Indonesia Fasilitasi Pembentukan Kelompok Disabilitas Desa Jaong

POS-KUPANG-COM|RUTENG--Yayasan Ayo Indonesia, Selasa (29/10/2019) diundang oleh Pemerintah Desa Jaong untuk memfasilitasi pembentukkan kelompok disabilitas di Desa Jaong, Kecamatan Satar Mese, Manggarai.

Kades Jaong, Floribertus Bebok, dalam sambutannya mengatakan, pembentukkan kelompok ini sangat penting agar para penyandang disabilitas bisa akses kepada pemanfaatan dana desa bidang pemberdayaan masyarakat.

Dasar hukumnya, kata Floribertus, di dalam Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa adalah untuk pemberdayaan masyarakat khususnya penyandang disabilitas dan juga bisa memberi bantuan peralatan atau alat bantu sesuai jenis disabilitas serta membangun fasilitas umum di desa yang ramah terhadap Para Penyandang Disabilitas.

Lebih lanjut, Floribertus menegaskan, kelompok ini akan menjadi wadah untuk memperjuangkan kepentingan Para Penyandang disabilitas agar bisa akses terhadap pemanfaatan dana desa. Pembentukan kelompok sangat dibutuhkan karena jumlah penyadang disabilitas yang sudah terdata sebanyak 14 orang dengan jenis kecacatan gangguan jiwa, tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa.

Oskarius Kandar, angggota Tim 20 dari Paroki St Pio Langke Majok yang bertugas melakukan pendataan mengungkapkan, untuk sementara jumlah penyandang disabilitas di Desa Jaong adalah 14 orang.

Pada kesempatan itu, Kepala desa Jaong, Floribertus kembali menegaskan, berdasarkan data ini maka kelompok harus terbentuk melalui suatu Surat Keputusan Kepala Desa agar secara formal kelompok ini menjadi sasaran program pemberdayaan dari Desa Jaong.

Lebih Lanjut dia meminta agar kelompok ini harus menentukkan rencana kelompoknya khusus terkait kegiatan pemberdayaan dan jenis alat bantu yang dibutuhkan agar bisa dianggarkan pada RKPDES tahun 2020 yang masih dalam proses penyusunan.

" Dana desa tahun 2020 siap dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas, dan saya berharap program yang berkaitan dengan pemberdayaan sosial ekonomi keluarga penyadang disabilitas menjadi prioritas dan desa juga akan membentuk Forum peduli Kaum disabilitas yang bertugas untuk memperjuangkan hak-hak dari para penyandang disabilitas," ungkap Floribertus, yang telah menjabat kepalas desa jaong tahun kedua.

Richard Roden Urut, SP yang hadir pada kegiatan pembentukkan kelompok disabilitas tersebut menegaskan agar kelompok ini harus bisa merencanakan sendiri kegiatan-kegiatan podukfit dan setiap bulan harus bertemu untuk arisan atau melaksanakan kegiatan usaha bersama simpan pinjam agar mereka bisa mendiskusikan kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang dibutuhkan, Yayasam Ayo Indonesia sia untuk melakukan pendampingan motivatif dan teknis kepada kelompok ini. Pertemuan dihadiri oleh 38

peserta dari unsur LSM, Paroki, Aparat Desa, Guru dan Keluarga Penyandang Disabilitas. Peserta berhasil membentuk kelompok disabilitas jaong dengan nama Kelompok Tungku Mose dan memilih Oskarius Kandar.

Pada kesempatan pengukuhan kelompok Oskarius menyampaikan komitmen untuk memperjuangkan Hak-Hak para Penyadang disabilitas agar mendapat dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Tahunan Desa Jaong baik kegiatan yang bersifat pemberdayaan maupun karitatif misalnya pengadaan alat bantu.

Sampah Menggunung di Pasar Rada Mata Sumba Barat Daya, Ini Pengakuan Warga Sekitar

Terminal Angkutan Darat Mubasir di Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Dunia

Dia berharap agar kelompok ini kompak dan sering bertemu untuk bisa menentukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan sosial ekonomi.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved