Mari ! Mengenal Lebih Jauh Tentang Sakura Sumba dan Nikis, Pesona Alam Yang Masih Tersembunyi

Upaya melestarikan Sakura Sumba dan Nikis tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh perencanaan yang tepat

Mari ! Mengenal Lebih Jauh Tentang Sakura Sumba dan Nikis, Pesona Alam Yang Masih Tersembunyi
Kiriman Bernhard Yulizhu dari Sumba Timur untuk Pos Kupang.com
Nikis atau Bubunik atau Tengguli (Cassia fistula) ketika sedang mekar 

Mari ! Mengenal Lebih Jauh Tentang Sakura Sumba dan Nikis, Pesona Alam Yang Masih Tersembunyi

POS-KUPANG.COM--Pariwisata sudah dideklarasikan sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi Propinsi NTT 2018-2023. Untuk meningkatkan kualitas program pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah Provinsi telah membuat perencanaan untuk perbaikan program dan kegiatan di sektor ini.

Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan menata dan memperbaiki keindahan kawasan destinasi wisata dan perkotaan. Kawasan wisata dan perkotaan di NTT akan diperindah antara lain dengan menanam lokal sebagai tanaman hias yang mempunyai nilai estetika yang tinggi sekaligus melakukan konservasi tanaman lokal. Hampir semua kota besar dihiasi dengan tanaman hias yang berasal dari luar,  hanya sedikit  tanaman lokal.

Sesungguhnya tanaman Sakura Sumba dan Nikis sudah sering kita lihat. Bentuk dan warna tanamannya bukan hanya menarik dipandang, tanaman yang tumbuh liar ini memiliki banyak manfaatnya.

Penghuni Flobamora NTT pantas mensyukuri akan anugrah Tuhan yang menciptakan tanaman yang tetap Asri sepanjang musim kemarau.

Sakura Sumba atau Konjil  atayu Bubunik (Cassia javanica) sedang mekar di Sumba Timur

Pemerintah Provinsi NTT, perlu memiliki kebijakan khusus untuk menjadikan Sakura Sumba dan Nikis menjadi tanaman penghias utama sepanjang ruas jalan yang mengitari kota kota di NTT

Saat ini kita bisa menyaksikan keindahan Sakura Sumba di Sumba Timur dan Rote. Juga bisa dilihat di Kupang Barat, Ikan Foti/Amarasi dan beberapa daerah di Sumlili.  Minggu lalu ditemukan pohon ini di Rendu, Nagekeo.

Demikian pula kita bisa menyaksikan keindahan Nikis Tengguli (Cassia fistula) di Rote.

Nikis atau Bubunik atau Tengguli (Cassia fistula)  ketika sedang mekar di Rote Timur
Nikis atau Bubunik atau Tengguli (Cassia fistula) ketika sedang mekar di Rote Timur (Kiriman Tony Djogo untuk POS KUPANG.COM)

Upaya melestarikan Sakura Sumba dan Nikis tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh perencanaan yang tepat, niat untuk melestarikan serta kerja sama semua pihak.

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved