BPBD Sumba Timur Kembali Salurkan Air Bersih Bagi Warga di Tujuh Desa

Pihak BPBD Kabupaten Sumba Timur kembali salurkan Air Bersih bagi warga di tujuh desa

BPBD Sumba Timur Kembali Salurkan Air Bersih Bagi Warga di Tujuh Desa
ISTIMEWA
Warga sedang dilayani air bersih oleh petugas BPBD Sumba Timur. 

Pihak BPBD Kabupaten Sumba Timur kembali salurkan Air Bersih bagi warga di tujuh desa

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Akibat Kemarau yang berkepanjangan melanda wilayah Sumba Timur mengakibatkan warga di sejumlah desa di wilayah Kabupaten itu menderita air bersih.

Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur melalui BPBD Kabupaten Sumba Timur kembali menyalurkan air bersih bagi warga di tujuh desa di Kecamatan Ngaha Ori Angu dan Kecamatan Kota Waingapu, Selasa (8/10/2019).

BREAKING NEWS : Gempa Bumi 3,4 SR Guncang Kalabahi, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur, Martina D. Jera, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (9/10/2019) mengatakan, warga di tujuh desa ini sangat kesulitan air bersih di musim kemarau karena dampak kekeringan yang melanda. Di saat musim hujan warga tidak kesulitan air bersih, warga dapat memanfaatkan air hujan dan debit mata air yang ada di sungai terdekat.

Terkait dengan kekeringan itu, jelas Martina pemerintah daerah melalui BPBD Kabupaten Sumba Timur memberikan bantuan air bersih. Air bersih itu mulai disalurkan sejak beberapa bulan lalu.

Selama Kurun Waktu Dua Tahun, Ini Jumlah TKI Asal TTU yang Meninggal Dunia di Malaysia

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumba Timur, Simon Petrus juga menbahkan pihaknya mendistribusikan air bersih itu yakni Desa Tana Tuku, Praihambuli, Makamenggit, Desa Persiapan Padadalu, Desa Persiapan Mbinu Dita dan Desa Praikarang di Kecamatan Nggoa, serta Desa Pambotanjara di Kecamatan Kota Waingapu.

Kata dia, warga sangat kesulitan air bersih. Warga harus menempuh perjalanan jauh sekitar 3 sampai belasan kilometer.

"Contohnya saja warga di Desa Pambotanjara di Kecamatan Kota Waingapu mereka harus menempuh jarak hingga belasan kilometer untuk dapat air di kali Kalela yang lokasinya terletak di Desa Persiapan Matawai Torung, ini membutuhkan biaya yang banyak. Warga-warga di 15 desa ini juga selalu beli air pada setiap tahun di musim kering,"jelas Simon.

Simon juga mengatakan, sumber mata air kali Kalela itu merupakan salah satu sumber mata air bagi warga di sejumlah desa di Kecamatan Nggoa dan Kota Waingapu. Desa-desa itu yakni Pambotanjara, Makamenggit, Matawai Torung, Tanatuku, dan sejumlah desa lainya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved