BREAKING NEWS : Gempa Bumi 3,4 SR Guncang Kalabahi, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

BREAKING NEWS : Gempa Bumi 3,4 SR guncang Kalabahi, masyarakat diimbau tetap tenang

BREAKING NEWS : Gempa Bumi 3,4 SR Guncang Kalabahi, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
KOMPAS.com/AFP
Ilustrasi gempa bumi 

BREAKING NEWS : Gempa Bumi 3,4 SR guncang Kalabahi, masyarakat diimbau tetap tenang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kalabahi. Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 23.03 Wita, Selasa (8/10/2019), dengan kekuatan M=3.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.96 LS dan 124.50 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km Barat Laut Alor Provinsi NTT dengan kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru - Kupang, Robert Owen Wahyu, mengatakan dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas sesar Flores Back Arc Thrust.

Selama Kurun Waktu Dua Tahun, Ini Jumlah TKI Asal TTU yang Meninggal Dunia di Malaysia

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, lanjutnya, berupa guncangan dirasakan di wilayah Kalabahi sebesar II- III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Waspada, Peringatan Dini BMKG: Potensi Angin Kencang, Gelombang Tinggi, dan Kebakaran Lahan

"Hingga pukul 23.28 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)," terangnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved