Siswa SD di Ende Utara Ikut Kompetensi Laskar Jentik

Para Siswa SD di Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende ikut Kompetensi laskar jentik

Siswa SD di Ende Utara Ikut Kompetensi Laskar Jentik
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kegiatan kompetensi laskar Jentik Cilik anak SD Sekecamatan Ende Utara, Rabu (2/10/2019) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende 

Para Siswa SD di Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende ikut Kompetensi laskar jentik

POS-KUPANG.COM | ENDE - Siswa SD di wilayah Kecamatan Ende Utara mengikuti kompetensi laskar jentik yang diadakan oleh Puskesmas Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2019 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende.

Danrem Brigjen Syaiful Rahman Pimpin Korps Kenaikan Pangkat di Korem dan Balak Aju Kodam IX Udayana

Ketua Panitia, Aminah D.S,S.Si mengatakan tujuan pelaksanaan kompetensi laskar jentik secara umum adalah uttuk meningkatnya peran serta warga sekolah dasar dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit endemik maupun epidemik tular vektor nyamuk.

Sedangkan secara khusus meningkatkan kewaspadaan dini warga Sekolah Dasar terhadap Penyakit Malaria dan DBD juga meningkatkan PHBS warga Sekolah Dasar serta mengembangkan kreatifitas dan daya pikir keterampilan warga Sekolah Dasar dan melatih kemandirian dan tanggung jawab warga sekolah dalam mengerjakan sesuatu.

Bicarakan Kasus Demam Babi Afrika, Tim Dirjen Kementerian Pertanian Sambangi Pos Kupang

Selain itu dapat merumuskan kerangka berpikir secara strategis dalam menerapkan pengembangan potensi anak dan mendukung percepatan menuju Eliminasi Malaria Kabupaten Ende tahun 2022.

Aminah mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka kewaspadaan dini anak sekolah terhadap penyakit DBD serta percepatan eliminasi malaria Kabupaten Ende tahun 2020 dengan tema Sekolahku Sehat bebas dari jentik nyamuk.

Kepala Puskesmas Kotaratu, dr Fatimah Aroboesman mengatakan bahwa Puskesmas Kotaratu telah melakukan pembentukan dan Orientasi Laskar Jentik Cilik Anak SD/MI seluruh Kecamatan Ende Utara pada Tahun 2018.

Laskar Jentik Cilik Anak SD/MI terdiri atas 6 orang yang beranggotakan semua murid Sekolah Dasar/MIS, melalui Kepala Sekolah Dasar/MIS sebagai supervisor dan penanggung jawab UKS sebagai koordinator laskar jentik cilik diharapkan dapat membantu petugas kesehatan Puskesmas Kotaratu dalam menurunkan angka DBD serta eliminasi malaria.

Oleh karena itu, sangatlah penting adanya kegiatan laskar jentik cilik di tingkat Sekolah Dasar/MI se Kecamatan Ende Utara.

Dikatakan guna mengevaluasi program kerja laskar jentik cilik anak SD/MI ini serta memotivasi SD/MI untuk terus menggalakkan laskar jentik cilik ini maka Puskesmas Kotaratu mengadakan kompetensi laskar jentik cilik anak SD se Kecamatan Ende Utara dengan tema Sekolahku Sehat Bebas dari Jentik Nyamuk. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved