Bicarakan Kasus Demam Babi Afrika, Tim Dirjen Kementerian Pertanian Sambangi Pos Kupang

Bicarakan kasus demam babi Afrika, Tim Dirjen Kementerian Pertanian sambangi Pos Kupang

Bicarakan Kasus Demam Babi Afrika, Tim Dirjen Kementerian Pertanian Sambangi Pos Kupang
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Tim dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia bersama para peneliti Supply Chain Komunitas Babi NTT dan Redaksi Pos Kupang usai diskusi tentang Virus ASF pada Rabu (2/10/2019). 

Bicarakan kasus demam babi Afrika, Tim Dirjen Kementerian Pertanian sambangi Pos Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tim dari Ditjen Peternakann dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia bersama para peneliti Supply Chain Komunitas Babi NTT menyambangi kantor Redaksi Harian Pos Kupang pada Rabu (2/10/2019) pagi.

Tim Ditjen Kementerian Pertanian Republik Indonesia terdiri dari Medik Veteriner Utama Drh. Pudjiatmoko Phd, Medik Veteriner Muda Drh Purnama Martha OS, M.Si serta staf direktorat kesehatan hewan Dikjen Peternakan dan kesehatan hewan Drh. Dollik Donando.

476 Koperasi di NTT Tidak Aktif, Sisilia Sona Beberkan Alasannya

Sementara itu hadir peneliti Supply Chain Komunitas Babi NTT terdiri dari Ferdinandus Rondong, Gracia Christie Napitupulu dan Patrisius Usfomeny.

Dalam diskusi bersama redaksi Pos Kupang yang diwakili Koordinator Liputan Ferry Jahang dan jurnalis tersebut, tim Ditjen Peternakan membicarakan kasus demam babi Afrika (African swine fever/ASF) yang saat ini berpotensi menyerang wilayah Indonesia, khususnya Provinsi NTT.

BREAKING NEWS: Veteran Belu Malaka Kupang Gelar Demonstrasi, Lihat Tuntutannya

Saat ini, Lembaga Kesehatan Hewan Dunia (OIE) sudah mengkonfirmasi virus ASF menyerang Timor Leste. Berdasarkan hasil tes kesehatan hewan di Australia, darah dari 400 ekor ternak babi yang terinfeksi dan 400 lainnya yang telah mati mengkonfirmasi 41% terkena ASF.

Sebelumnya ASF juga telah terdeteksi di Filipina pada 23 September 2019 dan China pada 9 September 2019. Hal ini tentu menjadi sebuah ancaman bagi peternak babi di NTT sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved