Bupati Sumba Barat Daya Kembalikan 150 Pejabat Eselon II, III Dan IV Ke Jabatan Semula

Pejabat Bupati Sumba Barat Daya kembalikan 150 pejabat eselon II, III dan IV ke jabatan semula

Bupati Sumba Barat Daya Kembalikan 150 Pejabat Eselon II, III Dan IV Ke Jabatan Semula
Pos Kupang.com/Petrus Piter
Bupati Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete 

Pejabat Bupati Sumba Barat Daya kembalikan 150 pejabat eselon II, III dan IV ke jabatan semula

POS-KUPANG.COM |TAMBOLAKA - Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr. Kornelius Kodi Mete telah memutuskan mengembalikan 150 pejabat eselon II, III dan IV ke posisi jabatan semula.

Hal itu karena keputusan yang telah diambil sebelumnya tersebut tidak prosedural karena belum memperoleh ijin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri.

Siswa SD GMIT Ende Ajak Masyarakat Menjadi Jumantik

Karena itu bersama wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, SIP ingin mengembalikan semua sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Keputusan mengembalikan 150 pejabat eselon II, III dan IV ke poisisi jabatan semula berdasarkan pula saran tim terpadu penataan kelembagaan pemerintah daerah dalam hal ini dipimpin direktur fasilitasi kelembagaan dan kepegawaian perangkat daerah Ditjen Otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs.Makmur Marbun, M.Si bersama pejabat kementerian PAN dan RB, komisi ASN dan Perwakian BKN Denpasar, Bali yang telah datang ke Sumba Barat Daya tanggal 24 September 2019 mensosialisikan berbagai peraturan terkait sistem pemerintahan daerah.

Desa Pada Lembata Buat Peraturan Desa Tentang Bakau

Misalnya peraturan tentang enam bulan sebelum adanya pelantikan bupati dan wali kota terpilih hingga masa tugas berakhir tidak boleh melakukan mutasi atau promosi kecuali mendapat ijin tertulis dari kementerian dalam negeri serta berbagai peraturan perundangan lainnya.

Keputusan tersebut telah resmi ditandatangani Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete tanggal 1 Oktober 2019 dan telah dibacakan secara resmi dihadapan ASN dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Bupati Sumba Barat Daya, Rabu (2/10/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, SIP, Sekda Sumba Barat Daya, Drs.Antonius Umbu Zaza, M.Si dan ratusan ASN lingkup pemerintahan Kabupaten Sumba Barat Daya.

Ke-150 pejabat eselon II,III dan IV tersebut terdiri pejabat eselon II sebanyak 5 orang, pejabat eselon III/A sebanyak 14 orang, III/B 40 orang, eselon IV/A sebanyak 67 orang, IV/B sebanyak 2 orang, UPTD Puskesmas 13 orang, puskesmas 3 orang, dan RSUD sebanyak 6 orang.

Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete didampingi kepala bagian Humas Setda Sumba Barat Daya, Rofinus Kaleka di ruang kerjanya, Rabu (2/10/2019) siang, mengatakan, keputusan mengembalikan 150 pejabat eselon II,III, dan IV ke jabatan semula agar semua berjalan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Sebab pengangkatan dan pelantikan ke-150 pejabat tersebut bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku karena tidak mengantongi ijin tertulis dari kementerian dalam negeri.

Para pejabat tersebut dapat kembali menempati jabatan tersebut bila mendapatkan ijin tertulis dari kementerian dalam negeri. Jadi untuk saat ini, para pejabat tersebut kembali ke jabatan sebelumnya. Hal itu dilakukan demi menegakan peraturan perundangan yang berlaku. Apalagi ASN adalah garda terdepan pelaksana peraturan perundangan tersebut.

Bupati Kodi Mete menegaskan, penegakan hukum tersebut sebagai upaya mengembalikan semua sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah harus berjalan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. Hal itu juga ingin memberi pelajaran agar hal serupa tidak boleh terjadi lagi pada masa mendatang.

Karena itu, ia mengajak seluruh ASN bekerja secara profesional berdasatkan ketentuan perundang-undangan.yang berlaku. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved