Peternak Babi di Noelbaki Dapat Pendampingan dari Politeknik Negeri Kupang

Para peternak babi di Noelbaki Kabupaten Kupang mendapat pendampingan dari Politeknik Negeri Kupang

Peternak Babi di Noelbaki Dapat Pendampingan dari Politeknik Negeri Kupang
istimewa
Kegiatan pemotongan pakan menggunakan mesin pencacah pakan di Noelbaki, Kupang Tengah.

Para peternak babi di Noelbaki Kabupaten Kupang mendapat pendampingan dari Politeknik Negeri Kupang

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Peternak babi di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, patut bersyukur karena mendapat perhatian dari Politeknik Negeri Kupang.

Pasalnya, dalam hubungannya dengan kegiatan pengabdian masyarakat, Politeknik Negeri Kupang
melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Noelbaki,  berupa pemberian bimbingan teknis penggunaan dan menghibahkan sebuah Mesin Pencacah Pakan.

BREAKING NEWS: Bocah 13 Tahun Korban Pemerkosaan Hamil 6 Bulan, Pelaku Masih Berkeliaran

Keterangan yang disampaikan  Ketua PKM Masyarakat Peternak Babi Desa Noelbaki,  Drs. Rafael Mado, ST., MT, kepada Wartawan,  Sabtu (21/9/2019) menyebutkan, kegiatan ini didanai  Direktorat Riset dan Masyarakat dilakukan selama 8 bulan, dari  Maret-Oktober 2019.

Mitra dalam kegiatan ini adalah masyarakat RT 09/ RW 02,  Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, atas nama, Kanisius Dae dan Petrus Dosa.  Mitra sangat senang menerima bantuan ini, karena sangat membantu meringankan pekerjaan mereka dalam menyiapkan pakan bagi ternak piaraannya.

Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah Tingkat Nasional Diselenggarakan di Malaka

Selama ini masyarakat menyiapkan pakan, hanya menggunakan peralatan seadanya seperti parang atau pisau dan papan atau balok sebagi landasan dalam mengiris atau mencincang pakan. Keadaan ini tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak dan hasilnyapun sedikit hanya untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak piaraan dalam jumlah 1 sampai 3 ekor saja.

Keterbatasan inilah menjadi kendala, sulitnya masyarakat menambahkan jumlah ternak peliharaannya. Dengan adanyav Mesin Pencacah Pakan yang kapasitas produksi cukup besar, yaitu 720 kilogram/jam, dapat membantu mitra dapat menambah jumlah ternak piaraannya menjadi lebih banyak lagi, sehingga taraf hidup akan menjadi lebih baik. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved