Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Sejumlah Relawan Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

Akibat Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Sejumlah Relawan Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Sejumlah Relawan Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Penyebabnya
KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN
Tim gabungan disiagakan di Posko Penanganan Karhutla Lereng Gunung Slamet di kompleks Wanawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (21/9/2019). 

Akibat Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Sejumlah Relawan Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

POS-KUPANG.COM | BANYUMAS - Sejumlah relawan dari tim gabungan Karhutla dilarikan ke rumah sakit saat sedang melakukan pemadaman di hutan lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, tiga relawan yang diberangkatkan dari Posko Kaligua, Kabupaten Brebes, mengalami hipoksia atau kondisi kurangnya pasokan oksigen ke tubuh, Jumat (20/9/2019).

Lamaran Gagal, Vicky Prasetyo Tak Bisa Hubungi Sahila Hisyam, Ini Harapannya

Ketiga relawan dijemput tim evakuasi untuk mendapatkan penanganan medis.

Selain itu, seorang relawan atas nama Harianto Setiadi dari Linmas Inti Banyumas yang diberangkatkan dari Posko Baturraden, Kabupaten Banyumas juga dilaporkan mengalami insiden.

Korban dilaporkan tergelincir saat berada di kawasan hutan, Sabtu (21/9/2019), sehingga menyebabkan tulang kakinya retak.

Warga KUB BPA di Penfui Timur Lakukan Gerakan Peduli Lingkungan

Komandan Kodim 0701/Banyumas sekaligus Komandan Operasi Lapangan Penanganan Karhutla Letkol Inf Chandra mengatakan, seluruh relawan yang mengalami cedera telah mendapatkan penanganan medis.

"Ada yang sesak napas, tetapi sudah turun, tidak jadi masalah. Relawan yang terpeleset juga sudah bisa dievakuasi, kondisinya masih stabil," kata Chandra di Posko Karhutla di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (21/9/2019).
Chandra mengatakan, insiden yang dialami relawan karena medan yang sulit. Medan menuju area hutan yang terbakar terjal dan licin.

Diberitakan sebelumnya, tim gabungan masih berupaya memadamkan kebakaran di hutan lereng Gunung Slamet petak 58-D10, 58D-11, dan 58D-12.

Area tersebut berada di atas Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. (Kompas.com/Fadlan Mukhtar Zain)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jatuh Bangun Petugas Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Tulang Retak hingga Kena Hipoksia",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved