Habiskan 10 Juta, Bangunan WC SMK Negeri Batu Putih di Kabupaten TTS "Asal Jadi"

Bangunan WC SMK Negeri Batu Putih yang dibangun dengan menggunakan dana BOS senilai 10 juta diduga asal dikerjakan.

Habiskan 10 Juta, Bangunan WC SMK Negeri Batu Putih di Kabupaten TTS
istimewa
Nampak bangunan WC milik SMK Negeri Batu Putih yang diduga asal dikerjakan 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Bangunan WC SMK Negeri Batu Putih yang dibangun dengan menggunakan dana BOS senilai 10 juta diduga asal dikerjakan.

Bagaimana tidak, bagunan yang terdiri dari tiga kamar WC tersebut tidak memiliki tiang cor, tidak memiliki slof atas dan bawah, hanya menggunakan kayu bulat sebagai kata atap bangunan dan untuk rangkaian cor pada bak penampungan kotoran tidak menggunakan besi melainkan bambu.

Hal ini mendapatkan sorotan tajam dari komite sekolah dan Pospera Kabupaten TTS. Pekerjaan tersebut dinilai asal dikerjakan tanpa melihat aspek teknis dan kualitas bangunan.

Ketua komite sekolah SMK Negeri Batu Putih, Naender Neno mengatakan sudah tiga Minggu terakhir dirinya memerintahkan agar pembangunan WC sekolah dihentikan. Dirinya akan meminta pertanggungjawaban kepala sekolah atas pembangunan yang menggunakan dana Bos tersebut.

" Kerja kalau model begitu paling 2 atau 3 bulan saja sudah tidak bisa digunakan lagi. Makanya saya suruh berhenti kerja sudah. Tidak usah lanjut lagi saya mau minta pertanggungjawaban kepala sekolah. Kok kerja model begitu," ungkap Naender dengan nada kesal.

BREAKING NEWS: Rumah Warga Oesao Dilalap Jago Merah Diduga Karena Hal ini

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Berkuatan 4,5 Guncang Barat Laut Waingapu

Pospera Kabupaten TTS juga sudah melanjutkan temuan tersebut kepada inspektorat Propinsi NTT untuk segera ditindaklanjuti dengan cara turun melakukan audit.

TRAGIS, Bocah Mungil ini Tewas Diserang Burung Elang hingga Tewas, Sejumlah Anak Luka-luka

" Kerja pakai dana bos tapi tidak ada gambarnya dan kerja asal jadi. Kita minta inspektorat Propinsi NTT turun dan audit," pinta Ketua Pospera Kabupaten TTS, Yerem Fallo kepada pos kupang.com, Minggu (15/9/2019).

Terpisah Kepala Sekolah SMK Negeri Batu Putih, Chris Kana yang dikonfirmasi terkait bangunan WC yang diduga dikerjakan asal jadi mengatakan, dirinya kurang tahu. Ia meminta wartawan untuk menanyakan hal tersebut kepada Yuda, tukang yang mengerjakan bangunan WC tersebut.

" Inikan begini, saat mau kerja WC itu kita tanyakan di kepada para tua, siapa yang bisa kerja WC ini. Dan Yuda yang menjawab dia bisa kerja. Jadi saya bilang kalau bisa betul, mari tanda tangan kontrak dan kerja. Nanti tanya Yuda saja kalau soal WC itu," sebutnya.

Pos kupang.com yang pada Sabtu (14/9/2019) sore mendatangi lokasi pengerjaan WC di Desa Oebobo, Kecamatan Batu Putih tidak berhasil menemui Yuda. Pasalnya pada hari itu, tidak ada aktifitas pekerjaan dibangunan yang belum rampung dikerjakan tersebut.

Hanya terlihat sisa bahan bangunan yang belum terpakai berada di lokasi pembangunan tersebut. Terlihat kayu lata atap bangunan menggunakan kayu bulat bukan balok. Tidak nampak adanya tiang cor pada sudut bangunan tersebut. Sloff atas bangunan tempat meletakkan lata kayu pun tidak terlihat.

Sementara itu, kloset WC pun nampak belum terpasang. Bangunan dengan tiga ruangan tersebut nampak belum diplester.(*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved