BREAKING NEWS: Gempa Bumi Berkuatan 4,5 Guncang Barat Laut Waingapu

Gempa bumi magnitudo berkekuatan 4.5 skala richter (SR) baru menguncang wilayah Barat Laut, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT, Minggu (15

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Berkuatan 4,5 Guncang Barat Laut Waingapu
KOMPAS.com/Shutterstock
Ilustrasi gempa bumi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU---Gempa bumi magnitudo berkekuatan 4.5 skala richter (SR) baru menguncang wilayah Barat Laut, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT, Minggu (15/9/2019) pagi.
Gempa bumi itu dirasakan oleh warga Kota Waingapu.

Berdasarkan siaran pers dari Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III, Denpasar, Bali, Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS, yang dikirim oleh pihak Stasiun Geofisika Waingapu di group WatsApp Info BMKG Sumba, Minggu (15/9/2019) menjelaskan, Minggu, 15 September 2019 pukul 03:52:03 WITA, wilayah Sumba Timur diguncang gempa bumi tektonik.

Menantu Bunuh Mertua Gara-gara Diminta Ceraikan Istrinya, Ini Awal Mulanya dan Kisahnya

Begini Kisah kakek Renta Usia 83 Tahun Menikahi Perempuan Muda Terpaut 18 Tahun

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 9.47 LS dan 120.09 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 KM Barat Laut Waingapu-NTT, pada kedalaman 53 KM.

Dikatakan Taufik, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif.

Taufik juga mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Matawai dan Padadita III-IV MMI di wilayah Kota Waingapu.

Ini Kata dan Kekecewaan Rahmad Darmawan saat Tira Persikabo Tak Bisa Kalahkan Persib Bandung

Tersangka Pembunuhan 2 Bocah Kembar Anaknya yang Dipindahkan ke RSB Drs Titus Ully Kupang

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,"jelas Taufik.

Usai Tira Persikabo vs Persib Bandung Skor 1-1, Ini Jadwal Selanjutnya dan Klasemen Liga 1 Pekan 18

2 Pemain Maung Bandung Omid dan Febri Terluka, Ini Kondisi Bus Persib Bandung yang Dilempari Batu

Kepada Masyarakat, Taufik mengimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya. Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.

"Mohon cermati dan terus berlatih langkah-langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempa bumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempa bumi. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,"pungkas Taufik. (*)
Area lampiran

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved