Bupati Anton Instruksikan Tenun Akan Masuk Mata Pelajaran Wajib di Flores Timur

Bupati Antonius Gege Hadjon instruksikan tenun masuk mata pelajaran wajib di Flores Timur

Bupati Anton Instruksikan Tenun Akan Masuk Mata Pelajaran Wajib di Flores Timur
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Bupati Flotim, Antonius Gege Hadjon melihat langsung proses tenun para pelajar SDN Boleng, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur dalam Festival Nusa Tadon Adonara, Minggu (15/9/2019) 

Bupati Antonius Gege Hadjon instruksikan tenun masuk mata pelajaran wajib di Flores Timur

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon kagum dengan keterampilan menenun 74 pelajar SDN Boleng, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur.

Sebagai bentuk apresiasi dia membeli semua hasil tenun kain dan selendang yang mereka hasilkan.

Sebagai tindak lanjut, pekan depan dia akan mengirim instruktur tenun ke sekolah tersebut supaya membimbing para pelajar menenun dengan kualitas yang baik.

Bulan Kitab Suci Nasional 2019, Umat Paroki Redong Katekese di Rumah Gendang, Ini yang Dibahas

Bahkan rencananya dalam tahun ini, keterampilan menenun akan dipatenkan di Flores Timur sebagai keterampilan yang wajib diajarkan di semua sekolah di Kabupaten Flores Timur.

"Tahun ini kita akan segera mulai mematenkan pelajaran tenun sebagai pelajaran lokal untuk setiap sekolah di Flores Timur," kata Bupati Hadjon di Pantai Ina Burak Festival Nusa Tadon Adonara, Minggu (15/9/2019).

95 Peserta Ramaikan Katong Sketsa di Kota Kupang

Penenun cilik SDN Boleng, Azisa Kedang, mengakui dirinya sudah pintar menenun sejak kelas 3 SD. "Mama yang ajar saya tenun," ungkapnya.

Wia Ahmad, ibu dari Azisa mengakui di Desa Boleng anak perempuan wajib menenun karena aktivitas ini sudah turun temurun.

Satu hari dia sendiri bisa menghasilkan satu lembar kain dan bisa dijual seharga Rp 350 ribu. Kadang-kadang ada pelanggan datang ke rumah dan langsung membeli kain hasil karyanya. Kalau tidak Wia sering menjual kain di pasar Waiwerang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved