Kristianus Harap Ada Dukungan dari Pemda untuk PMI Nagekeo

Ketua PMI Kabupaten Nagekeo Kristianus Pantaleon Jogo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengetahui dan memahami kebutuhan darah di RSD Aeramo.

Kristianus Harap Ada Dukungan dari Pemda untuk PMI Nagekeo
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Ketua PMI Nagekeo, Kristianus P Jogo 

POS-KUPANG.COM | MBAY - Ketua PMI Kabupaten Nagekeo Kristianus Pantaleon Jogo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengetahui dan memahami kebutuhan darah di RSD Aeramo.

"Kondisi 1 bulan terakhir ini sudah mencapai 40 kantong kebutuhan untuk 30 orang pasien, itu dilayani oleh UTD PMI Kabupaten Nagekeo," ujar Kristianus, kepada wartawan di Mbay, Kamis (22/8/2019).

Kristian menjelaskan kebutuhan tersebut tentu akan meningkat jika di RSD Aeramo telah tersedia Ruang Operasi serta dokter kandungan.

6 Tim Ramaikan Liga Desa Nusantara 2019 Zona Seri Provinsi

"Jika di RSD Aeramo telah ada dokter kandungan dan ruang operasi telah digunakan, tentunya kebutuhan akan pasokan darah akan meningkat," ungkapnya.

Ia mengharapkan perhatian dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Nagekeo untuk mensuport terbentuknya Unit Tranfusi Darah PMI Kabupaten Nagekeo.

"Dukungan yang kami butuhkan menyangkut izin pendirian dan penyelenggaraan, yang merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 83 Tahun 2014 tentang Unit dan Pelayanan Transfusi Darah," harapnya.

Tokoh Masyarakat Alorawe Datangi Dinas Pendidikan Nagekeo, Ini yang Mereka Sampaikan

"Selain itu, PMI mengharapkan agar alokasi dana hibah untuk PMI Kabupaten Nagekeo dapat ditingkatkan sehingga PMI dapat melakukan kegiatan-kegiatan donor darah utk memenuhi kebutuhan darah di Nagekeo," sambungnya.

Ia menyebutkan selama ini danah hibah masih sangat kurang dan ada banyak hal yang dibutuhkan oleh PMI Nagekeo.

"Selama ini dana hibah untuk PMI sebesar 100 juta rupiah. Jumlah ini masih sangat kurang. Banyak hal yang harus PMI lakukan. Misalnya PMI harus jemput bola ke kecamatan, ke sekolah, ke tempat ibadah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan sosialisasi dan kegiatan donor darah," ujarnya.

Ia mengatakan PMI telah melakukan koordinasi dengan pihak RSD Aeramo untuk menggunakan salah satu ruangan di RSD sebagai tempat untuk melakukan donor darah.

"Harapan kami, semua rencana kita dapat berjalan baik,sehingga pasokan darah di RSD Aeramo selalu ada.Pasokan darah sangat penting bagi keselamatan nyawa manusia," ungkapnya.

Ia mengajak generasi muda Kabupaten Nagekeo untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan yaitu mendonorkan darah.

Ia berharap jika ada yang ingin mendonorkan darah silakang datang ke RSD Aeramo. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved