VIDEO: Pulau Sumba Berpeluang Diguncang Gempa Bumi dan Tsunami. Warga Diajak Siaga. Ini Videonya

VIDEO:Pulau Sumba Berpeluang Diguncang Gempa Bumi dan Tsunami. Warga Diajak Siaga oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi Wilayah 3 Denpasar.

VIDEO: Pulau Sumba Berpeluang Diguncang Gempa Bumi dan Tsunami. Warga Diajak Siaga. Ini Videonya

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK – VIDEO: Pulau Sumba Berpeluang Diguncang Gempa Bumi dan Tsunami. Warga Diajak Siaga. Ini Videonya

Warga Pulau Sumba, NTT, diajak untuk siaga menghadapi bencana baik gempa bumi maupun tsunami. Sebab bencana alam itu berkemungkinan mendera daerah itu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Bali, Drs.Mohamad Taufik Gunawan Dipl.SEIS.

VIDEO: Kerusuhan di Manokoari Meluas ke Fakfak, Papua Barat. Ini Videonya

VIDEO: Karnaval Budaya di TTS Berubah Jadi Ajang Hura-hura. Ini Videonya

VIDEO: Presiden Jokowi Tiba di Kupang dan Dijemput Forkopimda NTT. Ini Videonya

Ia mengatakan itu dalam sambutannya ketika menghadiri acara Sekolah Lapang Geofisika di Aula Hotel Manandang,  Waikabubak, Ibukota Kabupaten Sumba Barat, Selasa (20/8/2019).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah pusat melalui Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Bali menyelenggarakan sekolah lapang geofisika di daerah itu.

Sekolah lapang  geofisika, katanya, merupakan salah satu upaya pemerintah pusat membangun komunikasi dan koordinasi intensif dengan pemerintah daerah Sumba Barat.

Tujuannya, agar pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) senantiasa siaga mengajak masyarakat untuk menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Langkah ini merupakan upaya preventif untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Setidaknya masyarakat akan terhidar bila terjadi gempa bumi dan tsunami atau pun bencana lainnya,” ujar Taufik.

Ia mengatakan, BPBD memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat sesaat setelah menerima informasi tentang bencana gempa bumi atau peringatan tsunami dari BMKG atau para pihak berkompeten.

VIDEO: Ini Harapan Bupati Tahun Terhadap DPRD TTS. Lihat ideonya

VIDEO: Dengarkan Pesan dari MPM Motor. Jangan Main HP Saat Berkendara. Ini Videonya

VIDEO: Kepala PMI Bicara Blak-blakan Soal Stok Dara di Sumba Timur. Ini Videonya

Informasi yang disebarkan secara luas itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kekacauan atau kepanikan warga ketika menghadapi gempa bumi dan tsunami yang tiba-tiba melanda daerah itu.

Dengan penyebaran informasi yang akurat dari sumber terpercaya, katanya, maka hal itu akan mampu meminimalisir  resiko bencana menimpa masyarakat.

“Untuk itu, koordinasi antara BMKG dan pemerintah sangat penting untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Masyarakat pun akan tenang menghadapi bencana yang terjadi,” ujarnya. (POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Petrus Piter
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved