Ingat Taman Makam Pahlawan Sumba Barat? Begini Kondisinya Saat Ini

Ingat Taman Makam Pahlawan di Kelurahan Pada Eweta Sumba Barat? Begini Kondisinya Saat Ini

Ingat Taman Makam Pahlawan Sumba Barat? Begini Kondisinya Saat Ini
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kondisi Taman Makam Pahlawan Sumba Barat yang berada di Kelurahan Pada Eweta Sumba Barat (bagian depan). Nampak tembok belakang mulai pecah memanjang, Selasa (6/8/2019) 

Ingat Taman Makam Pahlawan di Kelurahan Pada Eweta Sumba Barat? Begini Kondisinya Saat Ini

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Memprihatikan, kondisi Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di wilayah Kelurahan Pada Eweta, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Seperti disaksikan POS-KUPANG.COM, Selasa (6/8/2019), bila hanya sepintas memperhatikan dari luar maka nampak terlihat kondisi makam pahlawan Sumba Barat cukup rapih terawat baik. Apalagi saat ini sekeliling taman makam pahlawan penuh hiasan umbul-umbul menyambut peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Kehadiran umbul-umbul itu menambah semarak suasana taman makam pahlawan yang berada di wilayah Kelurahan Pada Eweta, Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat.

Satu Desa di Manggarai Timur Belum Cairkan Dana Desa, Ini Penjelasan Kepala Dinas PMD Yosef Durahi

Namun sejatinya dibalik kemeriahan itu nampak pemandangan sangat kontras dengan kondisi riil sesungguhnya. Pagar tembok dibagian belakang sudah pecah meninggalkan lubang cukup besar dan memanjang. Dikuartirkan bila tidak segera diatasi maka tembok tersebut bisa runtuh.

Selain itu tembok dibagian selatan juga dibagian utara mengalami kerusakan tetapi berkat kepedulian pemerintah.daerah maka tembok itu telah diperbaikinnya.

Toilet Gedung Teknik Mesin PNK yang Makan Korban, Ini Komentar Direktur PNK

Selain itu batu nisan beberapa kubur dari 15 penghuni taman makan pahlawan Gelora Pada Eweta Sumba Barat itu jatuh. Pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial Sumba Barat tidak dapat mengakomodir karena anggaran terbatas.

Kepala Seksi Pemberdayaan potensi kesetiakawanan dan restorasi pada Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, Oktavianus Bonbalan dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019) membenarkan tembok sekelimg sudah tidak layak lagi. Khusus bagian utaran dan selatan, sebagian kerusakan tembok tersebut telah diperbaiki pemerintah.

Sedangkan tembok dibagian belakang mulai retak meninggalkan lubang cukup besar pula. Dikuatirkan bila tidak segera diperbaiki maka tembok pagar keliling taman malam pahlawan Sumba Barat bisa runtuh. Selain itu beberapa batu nisan sudah jatuh.

Menurutnya, menyikapi kondisi itu pihaknya telah mengajukan proporsal rehab berat taman malam pahlawan Sumba Barat sejak tahun 2018 dan kembali diajukan pada tahun 2019 ini kepada kementerian sosial RI namun sampai saat ini belum ada jawaban.

Dikatakan, pemerintah daerah tidak bisa menganggarkan dana besar rehab taman makam pahlawan Sumba Barat karena anggaran terbatas.

Karena itu besar harapan pemerimtah pusat dalam hal ini kementerian sosial RI dapat mengakomodir permohonan proporsal anggaran rehab berat taman makam pahlawan Sumba Barat sehingga dapat dilakukan pengerjaan perbaikannya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved