VIDEO: Mahasiswa Sumba Barat Datangi DPRD NTT

VIDEO: Mahasiswa Sumba Barat Datangi DPRD NTT. Mereka datang untuk mempertanyakan penyelesaian masalah tapal batas antara Sumba Barat dengah SBD.

VIDEO: Mahasiswa Sumba Barat Datangi DPRD NTT

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- VIDEO: Mahasiswa Sumba Barat Datangi DPRD NTT

Mahasiswa asal Sumba Barat mendatangi Komisi I DPRD NTT, Jumat (26/7/2019). Mereka mempertanyakan soal tapal batas antara wilayah Kabupaten Sumba Barat dengan Sumba Barat Daya (SBD).

Mereka diterima tiga anggota Komisi I, yakini John Elpi Parera, Gabriel Suku Kotan dan Nodu Puga.

Alex H. Marabbi , salah satu mahasiswa, mengatakan, masalah tapal batas itu, ada sejarahnya.  Dulu, saat sistem kerajaan, orang Kodi dan Lamboya itu batasnya di Kali Pola Pare.

VIDEO: V BTS Punya 6 Nama Julukan, Julukan Terbaru V BTS Bikin Army Makin Cinta

VIDEO: Gagal Pimpin NTT, Kini Perempuan Bernama Emi Nomleni Pimpin DPD PDIP NTT, Luar Biasa

VIDEO: Warga Lewogroma, Lembata, Ambil Air di Hutan

"Ada sebuah perkawinan antara warga Kodi dan Lamboya dan saat itu ada keributan, sehingga dua raja mengambil jalan tengah dengan menetapkan tapal batas itu," kata Alex.

Yang menjadi masalah, lanjut dia, adalah jangan sampai dengan adanya keputusan gubernur NTT yang mematok tapal batas di daerah itu, akan menghasilkan pertumpahan darah di kalangan masyarakat.

"Apakah Pemprov NTT jamin bahwa tapal batas yang ditetapkan itu aman? Kalau ada keributan dan pertumpahan darah, siapa yang bertanggungjawab?" tanya Alex.

Dikatakannya,  hak ulayat di tapal batas antara warga Sumba Barat dengan Sumba Barat Daya (SBD), hendaknya dikembalikan sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Tolong jaga harkat dan martabat masyarakat Sumba Barat dan Sumba Barat Daya," kata Alex.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved