OPINI: BPJS dan Pelayanan yang Belum Merata

OPINI: BPJS dan Pelayanan yang Belum Merata Oleh : dr. Karl Heinz Leonhardt Rowika

OPINI: BPJS dan Pelayanan yang Belum Merata
dokumentasi pribadi
dr. Karl Heinz Leonhardt Rowika 

BPJS dan Pelayanan yang Belum Merata
Oleh : dr. Karl Heinz Leonhardt Rowika
Dokter IGD di RSUD T.C. Hillers

--

MENINGKATNYA penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan semakin tinggi angka kecelakaan. Dampak yang terjadi bisa muncul dari berbagai aspek dalam kehidupan, seperti cidera ringan, cidera berat, patah tulang, cacat, hingga menyebabkan kematian.

Beberapa waktu lalu di Pulau Flores terdengar berita yang mengejutkan dan memprihatikan. Terjadi kecelakaan lalulintas yang menimpa sepasang suami istri di Kabupaten Ende pada 23 Januari 2019 lalu. Suami, Guido Fan Areso (39) dan istri, Yoventa Timbu (35) saat sedang mengendarai sepeda motor, bertabrakan dengan mobil. Akibatnya, suami istri ini mengalami patah tulang.

Sempat dibawa untuk berobat pasca kecelakaan ke RSUD Ende, namun tidak lama keduanya pulang ke rumah di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

Pasangan suami istri ini dipulangkan karena masalah biaya pengobatan dan tidak memiliki BPJS. Alhasil keduanya tidak melakukan pengobatan lebih lanjut kerumah sakit terdekat yaitu RSUD dr. T.C. Hillers, Sikka.

Keduanya menetap di rumah selama 7 bulan dan hidup berdasarkan belas kasihan tetangga saja karena sudah tidak bisa mencari nafkah. Tidak hanya itu, di saat kecelakaan, sang istri sedang mengandung dan saat ini usia kehamilan 8 bulan.

Dalam kondisi seperti inipun sulit melakukan kontrol kehamilan. Dampak kecelakaan pun tidak hanya dirasakan pasangan suami istri, kedua anak mereka pun harus putus sekolah.

Keluarga ini tinggal di rumah gubuk peninggalan orangtua suami berukuran 5 x 5 meter persegi dengan dinding bambu yang juga sudah berlubang, lantai tanah, atap seng tua, dan tidur tanpa alas yang layak.

BPJS dan Jasa Raharja Dalam Kasus Kecelakaan

Halaman
1234
Editor: Eflin Rote
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved