Satgas Yonif Raider 408/Sbh Berhasil Gagalkan Penyelundupan 14 Karung Pakaian Bekas

Anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh Berhasil Gagalkan penyelundupan 14 Karung Pakaian Bekas

Satgas Yonif Raider 408/Sbh Berhasil Gagalkan Penyelundupan 14 Karung Pakaian Bekas
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Barang bukti penggagalan penyelundupan berupa pakaian beks 14 karung yang diamankan Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh, Senin (24/6/2019). 

Anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh Berhasil Gagalkan penyelundupan 14 Karung Pakaian Bekas

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri Raider 408/Sbh terus berupaya mencegah masuknya barang ilegal di wilayah sektor timur perbatasan RI-RDTL.

Kali ini Satgas Yonif Raider 408/Sbh berhasil menggagalkan penyelundupan pakaian bekas atau rombengan sebanyak 14 karung, yang akan masuk ke Indonesia secara ilegal melalui jalur laut yang berada di sekitar Pantai Motaain, Dusun Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Frans Sales, Perlu Ada Inovasi Dalam Pengembangan Cabang Olahraga Unggulan NTT

Upaya penyelundupan tersebut berhasil digagalkan personel Satgas Yonif Raider 408/Sbh berjumlah 10 orang yang dipimpin langsung Danpos Damar, Lettu (Inf) Andi Milzam saat melaksanakan patroli rutin di sepanjang pantai Motaain sampai di Pantai Atapupu.

Hal itu dikatakan Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh, Mayor (Inf) Joni Eko Prasetyo S.I.P kepada wartawan, Senin (24/6/2019). Menurut Joni Eko, Minggu pukul 20.45 Wita, tim patroli yang dipimpin oleh Lettu Inf Andi Milzam berangkat dari Pos Motaain dengan menggunakan kendaraan OZ.

Terkait Media Online, Marius Jelamu: Saya Tidak Bermaksud Lecehkan Media Online di NTT

Pada saat melintas di sekitar Pantai Motaain sekitar pukul 22.30 Wita dari kejahuan tim patroli melihat ada cahaya senter dari arah pantai.

Melihat hal mencurigakan itu, tim patroli berupaya mendekat untuk mengecek kegiatan yang sedang dilakukan akan tetapi pada saat kendaraan mendekat ke tempat tersebut, tiba-tiba tim patroli melihat ada beberapa orang yang buru-buru menghidupkan speedbood dan melaju kencang dari arah pantai menuju ke laut.

Melihat kejadian itu tim patroli langsung turun dari kendaraan dan berlari ke arah pantai. Sesampainya di pantai tim patroli menemukan 14 karung berisi pakaian bekas yang tercecer di pantai. Diduga 14 karung berisi pakaian bekas ini merupakan barang dari RDTL yang akan diselundupkan ke Indonesia.

Saat ini barang bukti 14 karung pakaian bekas itu telah diamankan di Mako Satgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/Sbh guna menunggu proses selanjutnya.

Menurut Joni, kondisi di perbatasan yang masih terbatas bukan menjadi alasan bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ilegal seperti penyelundupan barag seperti pakaian RB. Karena penyelundupan merupakan kegiatan ilegal yang melanggar undang-undang yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri.

Satgas Yonif Raider 408/Sbh akan terus melakukan patroli di jalur-jalur penyelundupan baik jalur penyelundupan melalui pantai maupun jalur penyelundupan melalui jalan-jalan "tikus" di sepanjang perbatasan yang menjadi tanggung jawab Satgas Yonif Raider 408/Sbh.

Satgas Yonif Raider 408/Sbh juga melakukan tindakan preventif baik berupa penyuluhan langsung maupun melalui spanduk yang di buat di tiap-tiap pos dengan tujuan untuk mencegah maupun mengurangi kegiatan ilegal yang dilakukan oleh oknum masyarakat di perbatasan. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved