Menristekdikti RI Gunting Pita dan Tanda Tangan Prasasti STKIP Ruteng Jadi Universitas

Pejabat Menristekdikti RI gunting pita dan Tanda Tangan Prasasti STKIP Ruteng Jadi Universitas

Menristekdikti RI Gunting Pita dan Tanda Tangan Prasasti STKIP Ruteng Jadi Universitas
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Menristekdikti RI sedang menandatangani prasasti peresmian Universitas Katolik Indonesia St. Paulus Ruteng, Minggu (26/5/2019). 

Pejabat Menristekdikti RI gunting pita dan Tanda Tangan Prasasti STKIP Ruteng Jadi Universitas

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Prof.H Mohammad Nasir, PhD, Ak menggunting pita dan menandatangani prasasti STKIP St. Paulus Ruteng menjadi Universitas Katolik Indonesia Stu. Paulus Ruteng di Kampus STKIP Ruteng, Minggu (26/5/2019) pagi.

Penguntingan pita di gedung baru Universitas Katolik Indonesia Ruteng dan penandatangangan prasasti oleh Menristekdikti ini dilakukan usai kuliah umum di depan mahasiswa dengan tema Stadium Generale Tantangan Perguruan Tinggi Dan Lulusannya Dalam Menghadapi Era Revolusi 4,0".

Sebelum Meninggalkan Hotel, Bupati Ende Sempat Bercanda dengan Putra Bungsunya

Hadir saat peresmian STKIP jadi universitas antara lain Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H M.H, Administrator Keuskupan Rutenhg, Mgr Silvester San, Pr, Dandim 1612 Manggarai, Letkol inf Rudi Markiano Simangunsong S.Sos, Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK, Sekda Matim, Ir. Boni Hasudungan, Sesditjen Kelembagaan Dokter, Agus Indarjo, Mantan Bupati Manggarai, Drs. Antonius Bagul Dagur, Sekda Kabupaten Manggarai Barat, Ketua MUI Manggarai, Haji Amir Kaliliuw dan OPD Kabupaten Manggarai.

Gandeng Anak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Aura Kasih Bisnis Kafe dan Coworking Space

Hadir juga Ketua Yayasan UKI St Paulus Ruteng, Para Dosen UKI St Paulus Ruteng, Prof Nengah selaku Kepala U Dikti, Sirilus Kerong, Staf ahli Kemenrisetdikti dan mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng.

Jalannya peresmian diawali acara adat tuak curu dan manuk kapu.

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dalam sambutannya mengajak semua mensyukuri rahmat dan anugerah Tuhan yang maha kuasa Karena atas restunya semua dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti acara Kuliah umum dan peresmian UKI St. Paulus Ruteng.

Penebangan ke Jakarta Kosong, Ini Imbauan Menhub Kepada Maskapai

"Sebagai mana kita ketahui bersama, kehadiran, Menrisetdikt, Prof.H Mohammad Nasir,PhD,Ak di Kabupaten Manggarai untuk meresmikan UKI St. Paulus Ruteng.
Bagi pemerintah Kabupaten Manggarai peristiwa ini selain merupakan bagian tak terpisahkan dari visi-misi pemerintah yaitu misi keempat memajukan pendidikan yang demokratis, bermutu dan akuntabel juga merupakan langkah penting dalam hubungannya dengan pembangunan Manggarai secara keseluruhan. Saya juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menristekdikti yang akan meresmikan UKI St. Paulus Ruteng ini tentunya diluar agenda utama tersebut kunjungan menteri menristekdiktik ke daerah ini juga dapat dipakai untuk melihat perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Manggarai," kata Bupati Kamelus.

Bupati Kamelus lalu memaparkan beberapa informasi/gambaran kegiatan pendidikan di daerah ini terutama yang berhubungan dengan tahapan menjelang pendidikan tinggi yakni SMA, SMK sederajat, Secara keseluruhan, terdapat 38 lembaga pendidikan menengah atas di Kabupaten Manggarai yakni terdiri dari 28 SMA dan 10.

"Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, seluruh peserta ujian Nasional tingkat SMA,SMK di Kbupaten Manggarai lulus 100%. Bahkan beberapa sekolah favorit berhasil menempatkan nama mereka pada daftar puncak peraih nilai tertinggi se NTT dan perolehan kumulatifnya berada jauh di atas rata rata. Fakta tersebut menunjukkan bahwa baik secara kuantitas maupun kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Manggarai terutama di jenjang SMA sederajat berada pada situasi yang baik.Jumlah yang di butuhkan untuk pembiayaan selain membayar uang sekolah terkadang jauh lebih tinggi dan situasi seperti ini cukup menyulitkan sebagai akibat lanjutan banyak lulusan SMA, SMK yang terpaksa berhenti sekolah atau tidak bisa menempuh pendidikan tinggi. Persoalan seperti ini tidak hanya terjadi di Manggarai tetapi hampir di semua wilayah di mana tidak banyak lembaga pendidikan tinggi yang ketersediaan jurusannya mampu menampung minat dan bakat siswa," tutur Bupati Kamelus.

Oleh karenanya kehadiran UKI St. Paulus Ruteng, papar Bupati Kamelus, tentu saja diharapkan dapat secara perlahan mengurangi persoalan tersebut.

Administaratior Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, Pr saat sambutan mengatakan, keluarga besar Yayasan UKI St. Paulus Ruteng yang selama ini telah menyelenggarakan estetik dan STIKES St Paulus Ruteng adalah bagian integral dari gereja lokal Ruteng yang secara khusus mengemban misi Gereja di bidang pendidikan tinggi sebagai gereja, kami tidak hanya bertanggung jawab untuk mengembangkan kehidupan rohani umat namun berupaya untuk mendukung pemerintah memajukan kehidupan masyarakat di berbagai bidang kehidupan yang mandiri dan bersolider yang terlibat dalam pembangunan masyarakat di Indonesia timur yang khususnya di Manggarai. Sekolah tinggi ilmu pendidikan dan ilmu kesehatan dan kalau melihat acara penerimaan pagi ini ada aneka kesenian mungkin ke depan dipikirkan tentang prodi kesenian karena kita kaya dengan budaya kesenian. Sekolah tinggi kami akan menjadi universitas itu semua untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat semakin nyata," kata Uskup San.

Sementara itu, dalam kuliah umum, Menrisetdikti mengatakan, peresmian sekaligus penyerahan surat keputusan UKI St. Paulus Ruteng ini merupakan lembaran baru untuk Kabupaten Manggarai, Flores umumnya dan pendidikan tinggi yang ada di Indonesia Timur ini ternyata di rintis sejak tahun 1997.

"Perubahan dari sekolah tinggi menjadi universitas saya sampaikan laangsung pada saat itu silahkan ajukan segera biar kami proses.Setelah mendengar apa yang disampaikan oleh bapak uskup dikatakan tahun 1997 pemerintah rasanya ingin menjerit yang sekeras kerasnya ko ijinnya lama sekali. Perguruan tinggi artinya menjadi perhatian khusus untuk mencerdaskan anak bangsa karena siapapun yang ada harus kita tingkatkan kualitasnya. Kepada para dosen jangan sampai terjadi konflik diantara yayasan dan perbandingan vektor karena ini bersama sama membangun pendidikan untuk menjadi berkualitas," ujar Menrisetdikti.

Dalam acara peresmian ada penyerahan SK UKI St. Paulus Ruteng Pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved