Berita Kabupaten Ngada Terkini

STKIP Citra Bakti Ngada Gelar Seminar Nasional, Ini yang Dibahas!

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bakti Ngada melaksanakan kegiatan seminar nasional.

STKIP Citra Bakti Ngada Gelar Seminar Nasional, Ini yang Dibahas!
ISTIMEWA
Suasana kegiatan Semnas di STKIP Citra Bakti Ngada di Malanuza Kabupaten Ngada, Jumat (2/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bakti Ngada melaksanakan kegiatan seminar nasional.

Kegiatanitu bertemakan; "Dengan Semangat Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru Dengan Mengoptimalkan Peran Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Media Transformasi Lewat Budaya Menulis."

Seminar ini dilaksanakan di Aula Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bakti Ngada yang berlokasi di Malanuza, Mataloko, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Baca: Tingkat Pengangguran Terbuka di NTT Turun 0,26 Persen

Siaran pers yang diterima POS KUPANG.COM, Senin (5/11/2018) menyebutkan, seminar dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Vinsensius Milo yang dihadiri sejumlah dosen dari STKIP Citra Bakti Ngada, juga hadir pula dari Universitas Flores, para guru dari berbagai jenjang pemerintah di Kabupaten Ngada, Mahasiswa dan undangan lainnya.

Baca: Hari Ketiga Sesi Ke-4, Baru 14 Peserta SKD Lolos Passing Grade

Pemateri seminar Nasional tersebut yakni Prof. Dr. Felisianos Sanga, M.Pd (Guru Besar Undana dan Penulis Buku), Yoseph Aryanto Ludoni, B.Sc (Meo Naek Teflopo An Bi Pah Timor/Yang Mulia Sri Baginda Raja Nata Wangsa Kalandara) dan Pelipus Wungo Kaka, M.Pd (Dosen Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Citra Bakti Ngada).

Ketua Panitia Kegiatan Seminar, Maria Desidaria Noge, dalam laporannya mengatakan,
kegiatan seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan apresiasi terhadap bahasa dan sastra Indonesia juga menggali minat bakat dan potensi yang dimiliki pendidik maupun peserta didik tentang bahasa dan sastra Indonesia melalui budaya menulis serta menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa untuk meningkatkan profesionalisme guru dan peserta didik.

Ia mengungkapkan Bahasa Indonesia merupakan suatu kekuatan utama ciri bahasa nasional yang mana bangsa Indonesia yang kaya akan etnik dan budaya termasuk basa maka perlu ada bahasa sebagai media penghubung antara satu bahasa daerah dengan bahasa lainnya sebagai bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia.

Dalam dunia pendidikan Bahasa Indonesia belum dapat dioptimalkan secara baik dalam kaitan dengan peningkatan profesionalisme pendidik dan peserta didik terkait dengan upaya budayakan tentang menulis.

Ia mengatakan, STKIP Citra Bakti sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi menganggap perlu untuk menyelenggarakan sebuah seminar nasional dalam memperkokoh dan memperkuat kesadaran pendidik dan peserta didik agar dapat menumbangkan potensi dan kualitas diri melalui budaya menulis.

Wakil ketua 1 STKIP Citra Bakti Ngada, Yohanes Bayo Ola Tapo, juga dalam sambutannya mengatakan kehadiran tiga narasumber pada kegiatan seminar tersebut sangat berarti bagi peserta seminar terutama para dosen guru dan mahasiswa dalam upaya memahami tentang penting pentingnya membaca dan menulis yang baik dan benar.

Ia menyampaikan sebagus apapun penyampaian materi oleh para pemateri tidak akan ada artinya bila prosesnya tidak diikuti secara baik dan benar oleh peserta sehingga diharapkan agar atau seminar yang sebagian besar adalah mahasiswa. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved