Begini Urgensi Meningkatkan Kompetensi Guru di NTT

Bila kita membaca tema ini, secara khusus pada frase "menguatkan pendidikan", spontan terpikirkan tentang mutu

Begini Urgensi Meningkatkan Kompetensi Guru di NTT
ilustrasi

Oleh: RD Fidelis Dua
Kepala SMAS Katolik St. John Paul II Maumere

POS KUPANG.COM - Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018 mengusung tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan". Tema ini sangat relevan dengan usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan dan kebudayaan selama ini.

Bila kita membaca tema ini, secara khusus pada frase "menguatkan pendidikan", spontan terpikirkan tentang mutu pendidikan kita. Secara umum mutu pendidikan kita terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya program pemerintah yang semakin berpihak pada bidang pendidikan dengan berbagai kerja keras untuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas di semua penjuru tanah air.

Belakangan ini pemerintah telah membangun, membenahi dan memperkuat infrastruktur. Bangunan-bangunan baru sekolah terus bertambah dan kelihatan makin megah, walaupun semuanya belum terjangkau.

Reformasi sekolah, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan menguatnya pendidikan yang bermutu (Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2 Mei 2018).

Sementara itu, hal urgen untuk menguatkan pendidikan kita, yakni kompetensi guru masih belum optimal merata bagi semua guru.

Disinyalir kompetensi guru (kebanyakan) di pelbagai daerah sangat bervariasi. Dikeluhkan kompetensi guru di sekolah-sekolah masih rendah.

Maka, bersamaan dengan pembangunan infrastuktur pendidikan, perlu dilakukan juga usaha meningkatkan kompetensi guru agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi generasi Z yang sedang dalam perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga, dan multiarah.

Sampai kapanpun peran guru tak tergantikan dalam lembaga pendidikan. Guru menjadi sumber kekuatan untuk menguatkan pendidikan dan kualitas guru menentukan mutu pendidikan kita.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved