Ini Jenis Rotan Yang Hendak Diselundupkan ke Timor Leste

Tim patroli laut Kanwil DJBC Bali, NTB dan NTT berhasil menggagalkan aksi penyelundupan rotan ke Timor Leste sebanyak 1.690 ikat atau 104 ton.

Ini Jenis Rotan Yang Hendak Diselundupkan ke Timor Leste
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS ROTAN---Barang bukti berupa rotan hasil gagal penyelundupan oleh Bea dan Cukai diamankan di Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Atapupu. 

Laporan Reporter POS KUPANG COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA---Tim patroli laut Kanwil DJBC Bali, NTB dan NTT berhasil menggagalkan aksi penyelundupan rotan ke Timor Leste sebanyak 1.690 ikat atau 104 ton.

Rotan tersebut terdiri dari empat jenis yaitu, rotan tubuh, batang polis, manau polis dan cure pahit. Rotan tersebut sudah diamankan di Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Atapupu, dan kapal pengangkut rotan diamankan di pelabuhan Atapupu.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah kepada wartawan, Kamis (11/4/2019) mengatakan, rotan sebanyak 1.690 ikat atau 104 ton itu diangkut dari Pelabuhan Panarukan, Jawa Timur menuju Pelabuhan Dili, Timor Leste tanpa dilengkapi dokumen pabean.

Polda NTT Gelar Apel Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2019

Petugas operasi patroli laut yang dinamakan Jaring Wallacea 2019 ini
menangkap kapal pengangkut rotan saat melintas di perairan sekitar pulau Kambing, Jumat (5/4/2019) pukul 03.40 Wita.

Rotan diangkut menggunakan Kapal KLM Maju Bersama. Penyidik masih melakukan penyelidikan pemilik rotan dan pemilik kapal.

Tribuana mengatakan, kasus dugaan penyelundupan rotan baru pertama kali terjadi di wilayah Bea dan Cukai Atambua.

Petugas terus meningkatkan pengawasan terhadap aksi penyelundupan barang, baik di laut maupun di darat. Untuk di laut, Bea dan Cukai Atambua hanya memiliki satu unit kapal patroli sedangkan kapal operasi biasanya diback up dari Jawa Timur. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved