Jelang Pemilu Warga Ende Serbu Kantor Dispendukcapil

Jelang Pemilu Warga Kabupaten Ende Menyerbu Kantor Dispendukcapil di Kota Ende

Jelang Pemilu Warga Ende Serbu Kantor Dispendukcapil
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Warga Kabupaten Ende Menyerbu Dispenduk Ende Untuk Mengurus Adminstrasi Kependudukan. Kamis (11/4/2019). 

Jelang Pemilu Warga Kabupaten Ende Menyerbu Kantor Dispendukcapil di Kota Ende

POS-KUPANG.COM | ENDE - Menjelang Pemilu 2019 pada 17 April 2019 mendatang, warga Kabupaten Ende yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Ende baik dari dalam wilayah Kota Ende maupun dari luar Kota Ende "menyerbu" Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Ende guna mengurus administrasi kependudukan terutama KTP maupun Surat Keterangan (Suket).

Hal ini seperti yang terpantau POS- KUPANG.COM dalam beberapa pekan terakhir hingga, Kamis (11/4/2019).

Kemendagri Kirim Ratusan Tim Pemantau Persiapan Pemilu ke Provinsi-provinsi

Agnes Novi, warga Kota Ende yang ditemui di Kantor Dispenduk Kabupaten Ende mengatakan bahwa dirinya memang sengaja mendatangi Kantor Dispenduk Kabupaten Ende lebih awal di pagi hari agar bisa segera mendapatkan pelayanan dari Kantor Dispenduk Kabupaten Ende.

"Hari sebelumnya saya sudah datang namun karena terlalu siang dan kondisi cuaca sangat panas maka saya pulang lagi ke rumah dan hari ini saya datang lagi semoga bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat," kata Agnes.

Sugiono: Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di GBK Patahkan Hasil Survei yang Menangkan Jokowi-Maruf

Agnes mengatakan bahwa dirinya datang ke Kantor Dispenduk Kabupaten Ende untuk mengurus KTP yang baru karena KTP sebelumnya telah hilang.

Kabid Pemanfatan Data dan Inovasi Pelayanan, Jhon Ringgi mengatakan bahwa untuk mendukung pelaksanaan Pemilu khususnya penggunaan E-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende telah mencetak 11 ribu lembar E-KTP dari 15 ribu lembar yang ditargetkan.

Dikatakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende akan berusaha mencetak E-KTP yang tersisa sebanyak 4 ribu lembar sehingga dengan demikian target 15 ribu lembar E-KTP yang harus tercetak bisa tercapai.

Untuk mengejar target tersebut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende selain memberikan pelayanan setiap hari juga membuka pelayanan setiap hari Sabtu yang sebenarnya adalah hari libur kerja mulai dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita. Bahkan pada hari libur pelayanan kepada masyarakat juga tetap diberikan.

Jhon mengatakan bagi masyarakat yang belum mengantongi E-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende juga mengeluarkan surat keterangan (Suket) dan hingga, Kamis (11/4/2019) tercatat sudah ada 3.263 lembar suket yang telah dikeluarkan.
Suket itu nantinya bisa dipergunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan administrasi kependudukan sebagai pengganti sementara KTP.

"Artinya bagi masyarakat yang belum memiliki KTP dan sedang mengurus KTP namun belum keluar maka akan dikeluarkan Suket,"kata Jhon.

Jhon mengatakan untuk mendukung pelaksanaan pengurusan E-KTP di Kabupaten Ende saat ini selain di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende juga bisa melakukan pengambilan data dan gambar di Kantor Camat Ende Timur dan Kantor Camat Ndona Timur serta Kantor Camat Maurole.

"Tiga kantor camat tersebut kondisi server untuk pengambilan gambar untuk E-KTP masih dalam kondisi baik,"kata Jhon. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved