Polda NTT Duga Anak Komodo Diselundupkan Melalui Jalur Laut

Kepolisian Daerah NTT menduga anak komodo yang akan dijual ke luar negeri diselundupkan melalui jalur laut, jalur itu yakni penyeberangan Labuan Bajo

Polda NTT Duga Anak Komodo Diselundupkan Melalui Jalur Laut
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA
Komodo di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Polda NTT Duga Anak Komodo Diselundupkan Melalui Jalur Laut

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Kepolisian Daerah NTT menduga anak komodo yang akan dijual ke luar negeri diselundupkan melalui jalur laut, jalur itu yakni penyeberangan Labuan Bajo ke Bima, Provinsi NTB.

Demikian disampaikan oleh Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules A. Abast kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2019).

Namun demikian, dugaan tersebut akan dibuktikan saat berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur yang telah mengungkap kasus penjualan hewan langka tersebut.

VIDEO: 41 Ekor Komodo Dicuri dari Manggarai Barat, Gubernur NTT Tutup Pulau Komodo

Gubernur NTT: Luasnya TN Komodo Tak Bisa Dijadikan Alasan Kasus Pencurian Komodo

"Kami juga menduga, lolosnya (anak komodo) ini dari Labuan Bajo ke Bima. Karena ini pintu masuk dan keluar. Atau mungkin ketika ini dibawa menggunakan kapal laut atau pesawat. Nah, kami akan lakukan koordinasi untuk pastinya anak komodo ini bisa keluar dari NTT," jelas Kombes Pol Jules.

Dijelaskannya, pihaknya selalu mendukung pengawasan Balai TNK. Selama ini, walau temporer, pihaknya selalu melakukan pengawasan berupa patroli wilayah TNK bersama.

"Tidak setiap hari kami melakukan pengawasan langsung, tapi atas permintaan dari rekan-rekan Balai TNK kami melakukan patroli bersama, sehingga titik-titik keluar yang ada antara Labuan Bajo maupun Bima (NTB) itu dapat dilakukan pengawasan bersama," paparnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim terkait anak komodo dikeluarkan atau lolos dari pengawasan di Provinsi NTT.

Penyelundupan Komodo ke Luar Negeri - Inilah Titik Rawan Pencurian Komodo di Labuan Bajo

Kasus Pencurian Komodo, Per Januari 2020 Pulau Komodo Ditutup

"Terkait pengawasan TNK, perlu saya sampaikan Balai TNK dalam dalam hal ini TNK berada di bawah KLH. Kami akan melakukan kerja sama untuk mengkaji ulang dan mengevaluasi sejauh mana pengamanan di TNK," ungkapnya.

Saat ditanya apakah ada dugaan 'orang dalam' sehingga anakan komodo ini bisa keluar dari wilayah NTT, Kombes Pol Jules menjelaskan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Polda Jawa Timur.

"Kami akan mengecek sejauh mana jaringan yang ada sehingga bisa lolos dan keluar dan kami akan melakukan evaluasi bersama dengan Balai TNK," katanya.(*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved