Berita Kabupaten TTS

Ini Langkah Yang Diambil Dinas Kesehatan Terkait Meningkatnya Kasus DBD

Meningkatnya kasus penyakit demam berdarah ( DBD) sepanjang bulan Januari yang mencapai 34 Kasus membuat Dinas Kesehatan Kabupaten TTS

Ini Langkah Yang Diambil Dinas Kesehatan Terkait Meningkatnya Kasus DBD
pos kupang.com, dion kota
dr. Maltilda Kase 

 POS-KUPANG.COM|SOE – Meningkatnya kasus penyakit demam berdarah ( DBD) sepanjang bulan Januari yang mencapai 34 Kasus membuat Dinas Kesehatan Kabupaten TTS segera mengambil langkah untuk mengatasi hal ini.

Langkah pertama yang diambil Dinas Kesehatan adalah dengan melakukan kewaspadaan dini. Dinas Kesehatan melalui tenaga puskesmas melakukan pemantauan terhadap peningkatan kasus DBD di wilayah masing-masing sebagai dampak dari masuknya musim penghujan.

Kedua, Dinas Kesehatan melakukan penyelidikan epidemiologi dengan cara mencari kasus pada masyarakat yang diduga terkena penyakit DBD.

Hal ini dilakukan guna segera menolong pasien yang diduga terkena DBD dengan cara membawa pasien ke rumah sakit.

Langkah ketiga, menggalakan kembali gerakan 3M plus guna memberantas sarang nyamuk Aedes Aegypt.

Ramalan Zodiak Rabu 23 Januari 2019, Cancer Kusam, Libra Bikin Kesalahan, Scorpio Rencakan Liburan

KPU RI Didesak Lakukan Investigasi Proses Seleksi Calon Anggota KPU Alor

Waspada DBD Semua Puskesmas di Kota Kupang Buka Posko 24 Jam

M yang pertama, yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

M kedua, yaitu m‎enutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

M yang ketiga, yaitu m‎emanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Sedang plusnya, yaitu dengan m‎enaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, m‎enggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, m‎enggunakan kelambu saat tidur menghindari menggantung pakaian di dalam rumah dan menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

Niat Menolong Sang Adik Belum Kesampaian, Bocah Yoseph Stefandri Sura Tewas Terseret Banjir

Kadis PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran: Sekolah Wajib Tanam Pisang, Sirih dan Pinang

Robertus Rero: Ada Anggapan Kalau Diklat Itu Hanya Formalitas

" Angka pasien DBD bulan januari memang cukup tinggi. Namun mayoritas yang sudah mendapatkan perawatan medis, baik Rumah Sakit Umum daerah ( RSUD) Soe maupun Rumah Sakit Mother Ignasia sudah sembuh dan dijinkan pulang. Tersisa empat pasien DBD yang dirawat di RSUD Soe. Oleh sebab itu, kita segera melakukan penanganan guna menekan angka pasien DBD, " ungkap Kabid Penanganan dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Maltilda Kase melalui pesan singkat Whatsapp kepada pos kupang, Rabu ( 23/1/2019) pagi. ‎

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved