Berita Kabupaten Nagekeo

Polisi Tetapkan Dua Tersangka ! Satunya Mantan Anggota DPRD Ende yang saat Ini Caleg

Korban direkrut untuk dipekerjakan sebagai pembantu Rumah Tangga di Jakarta. Setelah korban direkrut oleh SM, SM kemudian menelepon saudara ER yang

Polisi Tetapkan Dua Tersangka ! Satunya Mantan Anggota DPRD Ende yang saat Ini Caleg
sumber foto Satgaspam Bandara El Tari
Ilustrasi: TKI yang dicekal di Bandara El Tari Kupang, Senin (3/11/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Kapolres Ngada AKBP Andhika Bayu Adhittama, S.I.K.,M.H melalui Kasat Reskrim Polres Ngada, Iptu Anggoro C. Wibowo, S.I.K, menyebutkan, Susi Susanti Wangkeng, warga Nila, Kelurahan Mbay II, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo diduga menjadi korban perdagangan orang (human trafficking) dengan modus menjadi seorang TKW.

Kasat Anggoro menjelaskan, Kelompok Kerja Menentang Perdagangan Manusia (MPM) melaporkan kejadian tersebut di Polres Ngada 7 Agustus 2018.

"Laporan tersebut mulai ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan oleh Kanit Pidsuss/ Tipidter Polres Ngada bersama anggota dengan melakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait antara lain korban, pihak Pojka MPM, pihak panti sosial dinas sosial provinsi DKI Jakarta,

pihak panti sosial pada susteran Gembala Baik di Jakarta Timur dan juga pihak IOM di Jakarta. Penyidik juga telah memeriksa saksi 2 terkait lainnya dan juga Ahli Ketenagakerjaan Provinsi NTT di Kupang. Setelah mendapatkan alat bukti yg cukup maka pada tangal 11 Januari 2019 Unit TiPidsuss/ Tipidter menetapkan SM sebagai perekrut dan ER sebagai penampung, pengirim sebagai tersangka," ujar Anggoro, kepada POS KUPANG.COM, Rabu (16/1/2019).

Kasat Anggoro menjelaskan untuk SM penyidik Tipidter telah melakukan pemeriksaan sebagai tersangka, Senin (14/1/2019) sedangkan ER dijadwalkan akan dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka, Kamis (17/1/2019).

Sementara Kanit TiPidsuss/Tipidter Bripka Jackobus K Sanam, menjelaskan, kronologis kejadian yang menimpa Susi Susanti Wangkeng warga asal Kota Mbay Kabupaten Nagekeo tersebut.

Bripka Jack menjelaskan, bulan Juli 2015 perekrut Susi Susanti Wangkeng, atas nama SM datang ke rumah korban dirumah kampung Nila Kelurahan Mbay II untk mengajak korban bekerja di bawah kendali ER sebagai penampung dan pengirim.

ER adalah seorang mantan anggota DPRD Kabupaten Ende yang saat ini juga telah terdaftar sebagai calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Ende.

"Korban direkrut untuk dipekerjakan sebagai pembantu Rumah Tangga di Jakarta. Setelah korban direkrut oleh SM, SM kemudian menelepon saudara ER yang telah bekerja sama baik dengan SM dan saudara ER datang menjemput korban kemudian di bawah ke tempat penampungan yaitu di Ende," papar Jack.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved