Berita Manggarai Terkini

SMKN 1 Wae Rii Jadi Pusat Pelatihan Petani Hortikultura

SMKN 1 Wae Rii akan menjadi pusat pelatihan petani hortikultura di Manggarai.

SMKN 1 Wae Rii Jadi Pusat Pelatihan Petani Hortikultura
ISTIMEWA
Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H sedang melihat kebun sayur siswa SMKN 1 Wae Rii, Jumat (12/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG - SMKN 1 Wae Rii akan menjadi pusat pelatihan petani hortikultura di Manggarai.

Rencana SMKN Wae Rii jadi pelatihan petani hortikultura ini disampaikan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Sabtu (13/10/2018) pagi.

Bupati Kamelus saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tingkat Kabupaten Manggarai, Jumat (12/10/2018) pagi meninjau langsung beberapa tempat pelatihan dan praktik siswa SMKN 1 Wae Rii di Kenda, Desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Rii.

Baca: Elisabeth Minta Pemerintah Tangani Air Bersih di Labuan Bajo

Saat meninjau RPS atau Ruang Praktek Siswa jurusan pertanian kelas XI yang terdiri dari 41 siswa, tampak ragam sayuran pakcoi yang ditanam di ratusan polibek yang tersusun rapi.

Polibek tersebut disusun menyerupai tangga yang terbuat dari belahan bambu.

Baca: Bupati Manggarai Terbitkan SK OPAM, Ini Tujuannya

Bupati Kamelus mengapresiasi pengembangan hortikultura yang dibuat oleh para siswa tersebut.

"Pertanian hortikultura kita terus berproses, dan tentu ini sangat menjanjikan. Karena bisnis yang berkaitan dengan makanan tidak akan pernah sepi. Keinginan saya kelompok tani hortikultura di Manggarai ini akan belajar di sini (SMKN 1 Wae Ri'i, red). Apakah itu magang belajar olah tanah atau bikin bedeng," jelas Bupati Kamelus.

Lebih lanjut orang nomor satu di Manggarai ini berharap melalui kegiatan praktek di sekolah, para siswa mulai memikirkan peluang meningkatkan perekonomian melalui hortikultura.

"Para siswa sudah punya pengetahuan dan pengalaman. Kalau sudah tamat dan pulang kampung harus menerapkannya dalam bentuk berhortikultura ria," tutur Bupati Kamelus.

Kepala Sekolah SMKN 1 Wae Rii, Maria Yus D Romas, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kamelus yang telah memberikan perhatian bagi sekolah tersebut.

"Anak-anak di SMKN Wae Rii pernah mengikuti kegiatan inovasi petani muda di Gresik, Jawa Timur tahun 2018 dan mendapat peringkat harapan dua. Untuk pengembangan hortikultura, anak anak kita dikirim magang di Oesao Kupang. Selain itu, ke Labuan Bajo karena ada Balai Benih Hortikultura juga di Lembor, Iteng- Satar Mese. Sudah ada pengakuan terhadap kami SMKN 1 Wae Rii dari mana-mana," tuturnya.

SMK Negeri 1 Wae Rii berdiri pada tahun 2008 dan sampai saat ini memiliki enam jurusan yaitu jurusan mesin, pertanian dan pengolah pertanian, jasa boga, peternakan, teknik gambar bangunan.

Hingga September tahun 2018 tercatat jumlah peserta didik sebanyak 927 orang. Mereka tidak hanya berasal dari daerah sekitar namun juga berasal dari dua Kabupaten tetangga yaitu Manggarai Barat dan Manggarai Timur. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help