Berita Manggarai Terkini

Bupati Manggarai Terbitkan SK OPAM, Ini Tujuannya

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H telah menerbitkan SK tentang pembentukan organisasi pengeloaan air minum (OPAM) di desa.

Bupati Manggarai Terbitkan SK OPAM, Ini Tujuannya
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Bupati Manggarai, Deno Kamelus 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H telah menerbitkan surat keputusan (SK) tentang pembentukan organisasi pengeloaan air minum (OPAM) di desa. Pembentukan OPAM bertujuan mengurusi dan mengelola air bersih bagi warga desa.

"Kalau di kota ada PDAM. Kalau di desa untuk urus air namanya OPAM. Saya sudah keluarkan SK Bupati terkait pembentukan organisasi pengelolaan air bersih. SK ini dikeluarkan karena ada beberapa desa di Manggarai sudah membentuk OPAM," kata Bupati Kamelus saat ditemui POS-KUPANG.COM di Ruteng, Sabtu (13/10/2018) pagi.

Bupati Kamelus menjelaskan, OPAM di desa dibentuk karena didasari sudah banyak sarana air bersih bagi warga yang dibangun oleh pemerintah melalui berbagai macam program.

Baca: Bawaslu Klarifikasi Dugaan Pelanggaran Kampanye Caleg Golkar

"Untuk mengurusi dan mengelola serta mengatur air perlu ada organisasi kemasyarakatan yang dibentuk. OPAM di desa tugasnya sama dengan PDAM. Kalau air rusak OPAM bisa perbaikki. Bahkan bisa menagih rekening air guna kebutuhan pengelolaan air," ujar Bupati Kamelus.

Baca: BMKG Berikan Peringatan Dini Agar Waspadai Gelombang Setinggi 2 Meter di Sejumlah Perairan NTT

Ia mengungkapkan, OPAM di desa dibentuk guna mengurusi sumber-sumber air di desa agar warga bisa menikmati air bersih.

"Saat ini desa-desa yang belum ada air kita siapkan tangki. Kenapa kami pakai tangki karena sumber air di bagian bawah lalu pemukimannya di atas. Tangki angkut dari sumber lalu diisi di bak umum yang sudah dibangun. Saya ingin sumber air dekat dengan rumah warga," papar Bupati Kamelus.

Sementara itu, Camat Cibal Barat, Karolus Mance kepada POS-KUPANG.COM mengaku di kecamatannya sudah ada beberapa desa yang membentuk OPAM.

"Kami sudah minta bantuan PDAM bantu beri pelatihan administrasi dan pendampingan," ujar Camat Karolus.

Direktur PDAM Tirta Komodo Manggarai, Klemens Man kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng menegaskan, PDAM siap memberikan pelatihan bagi desa-desa yang sudah membentuk OPAM. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help