Berita Kabupaten TTS

Komisioner KPU TTS Belum Temukan Kekurangan Dokumen Caleg

Santi Soinbala mengatakan, hasil pemeriksaan dokumen kelengkapan calon legislatif (Caleg) belum ditemukan adanya kekurangan dokumen

Komisioner KPU TTS Belum Temukan Kekurangan Dokumen Caleg
pos kupang.com, dion kota
Santi Soinbala, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada Serentak, KPU Kabupaten TTS 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Ketua Divisi Teknis, KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala mengatakan, dari hasil pemeriksaan dokumen kelengkapan calon legislatif (Caleg) belum ditemukan adanya kekurangan dokumen kelengkapan.

Seluruh dokumen kelengkapan Caleg yang dimasukan partai politik dinilai aman selama enam hari penelitian dokumen kelengkapan Caleg.

" Belum ada temuan, masih aman semua. Selanjutnya kita akan lanjutkan dengan penyusunan dan penetapan daftar Caleg sementara (DCS) mulai tanggal 9 hingga 12 Agustus mendatang," ungkap Santi ketika ditemui POS-KUPANG.COM, Minggu (5/8/2018) di ruang kerjanya.

Baca: Kadis Kesehatan Provinsi NTT Kagum Lihat Potensi Wisata Malaka

Ketika ditanyakan terkait adanya Caleg dari partai NasDem yang berstatus mantan napi korupsi, Santi membenarkannya. Caleg tersebut atas nama Welem Nokas.

Dijelaskan Santi, Welem ketahuan berstatus mantan napi korupsi saat penelitian berkas tahap pertama. Saat itu, KPU mengembalikan berkas Welem karena dokumen SKCK nya foto copy. Sehingga KPU meminta dimasukan yang aslinya. Saat itulah, ketahuan jika Welem berstatus napi korupsi sehingga masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS).

" Setelah ketahuan jika yang bersangkutan berstatus napi, langsung kita masukan sebagai kategori TMS, sehingga partai NasDem langsung mengganti caleg yang bersangkutan," jelas Santi.

Usai penetapan DCS, KPU membuka ruang untuk menerima masukan dari masyarakat terkait Caleg yang sudah ditetap dalam DSC. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help