Berita Sumba Barat

10 Puskemas di Sumba Barat Kekurangan Tenaga Dokter

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat, drg. Bonar B.Sinaga mengatakan, 10 puskemas di daerah itu masih kekurangan tenaga dokter.

10 Puskemas di Sumba Barat Kekurangan Tenaga Dokter
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kadis Kesehatan Sumba Barat, drg. Bonar B Sinaga 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat, drg. Bonar B.Sinaga mengatakan, sampai saat ini 10 puskemas di daerah itu masih kekurangan tenaga dokter.

Idealnya satu puskesmas bertugas dua dokter umum dan satu dokter gigi didukung tenaga bidan, perawat dan tenaga teknis lainnya.

Hal itu berdasarkan peraturan kementerian kesehatan RI nomor 75 tahun 2014. Namun kenyataan selama ini, satu puskesmas hanya bertugas satu orang dokter umum.

Baca: PBB Malaka Tidak Ikut Pileg 2019, Ini Penyebabnya

Bonar Sinaga menyampaikan hal itu di kantornya, Senin (6/8/2018). Untuk mengatasi hal itu, pihaknya telah mengusulkan ke tim nusantara sehat kementerian kesehatan RI pada pusat pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan untuk menempatkan tambahan dokter bertugas di Puskesmas Gaura di Kecamatan Lamboya Barat dan Puskesmas Wanokaka di Kecamatan Wanokaka.

Hal itu karena dua puskesmas itu telah teregistrasi dan terakreditasi sesuai persyaratan penempatan tim nusantara sehat kementerian kesehatan RI. Sedangkan puskesmas Lolo Wano di Kecamatan Tanah Righu sedang dalam proses registrasi.

Ia menambahkan pada tahun 2019 ini, pemerintah daerah akan menyekolahkan tenaga perawat, bidan dan tenaga teknis lainnya ke jenjang pendidikan tinggi D3.

Semua tenaga kesehatan tersebut akan melanjutkan studi di Waingapu, Sumba Timur tanpa meninggalkan tugas pelayanan sebagaimana biasanya, artinya kuliah tetap jalan, pelayanan kepada masyarakat juga tetap berjalan pula. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help