Berita Headline Pos Kupang

Pemprov NTT Butuh 1.200 Rekrutmen CPNS 2018, Segera Lengkapi Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018

Seleksi rekrutmen CPNS 2018 akan dilakukan. Formasi CPNS diproritaskan untuk tenaga pendidik (guru) dan tenaga kesehatan.

Pemprov NTT Butuh 1.200 Rekrutmen CPNS 2018, Segera Lengkapi Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018
Ilustrasi 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur memastikan ada (penerimaan) rekrutmen CPNS 2018 (Calon Pegawai Negeri Sipil). Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT mengusulkan 1.200 formasi sesuai kebutuhan.

Seleksi Rekrutmen CPNS 2018 akan dilakukan secara terbuka. Formasi CPNS diproritaskan untuk tenaga pendidik (guru) dan kesehatan. "Ada 220 ribu ASN yang pensiun, oleh sebab itu dalam waktu dekat ini akan diumumkan formasinya untuk menempati posisi di pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga. Seleksi akan dilakukan oleh BKN," jelas Asman Abnur di Jakarta.

Pihaknya dalam seleksi rekrutmen CPNS 2018 ini memakai sistem minus growth sehingga jumlah yang diterima bakal kurang dari 220 ribu orang. Khusus tahun ini, bakal ada formasi khusus untuk posisi guru dan kesehatan.

Baca: Makin Dekat Rekrutmen CPNS 2018, D3, SMA, Sarjana Segera Siapkan Dokumen Ini

Baca: Siap-siap! Simak Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

"Formasi guru dan tenaga kesehatan ini di luar dari teknis yang telah ditetapkan tadi. Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan. Guru honorer kan sekarang tak bisa lagi tanpa tes. Jadi, bagi yang memenuhi syarat K2 silakan ikut tes. Rekrutmen dilakukan secara terbuka," ujarnya.

Formasi untuk guru yang diperlukan tahun ini sekitar 100.000 orang. Ini untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik di seluruh kabupaten, kota dan provinsi yang berjumlah sekitar 700.000 orang.

"Kekurangannya sekitar 700-an ribu menurut data dari Kementerian Pendidikan. Tapi tahun ini kami buka formasi sekitar 100.000, dicicil dulu. Untuk formasi tenaga kesehatan belum bisa diumumkan karena masih menunggu data dari Kementerian Kesehatan. Demikian juga untuk tenaga diaspora karena masih menunggu data dari Kementerian Luar Negeri," tegasnya.

Baca: Rekrutmen CPNS 2018, Lulusan D3 dan SMA Wajib Siapkan 6 Dokumen Ini untuk Pendaftaran CPNS 2018

Ia menjelaskan, penerimaan CPNS dilakukan kali ini setelah sebelumnya ada kebijakan moratorium selama 4 tahun. "Rekruitmen tahun lalu untuk kementerian dan lembaga. Alhamdulilah sukses," ujarnya.

Asman Abnur mengatakan, akhir Juli 2018 akan ditetapkan formasi berdasarkan potensi daerah."Formasi berdasarkan potensi daerah. Ada daerah yang potensi pariwisata tapi yang diterima pegawai administrasi," katanya.

Usul 1.200 CPNS

Pemerintah Provinsi NTT mengusulkan kuota (CPNS) sebanyak 1.200 lebih orang. Formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan masih dominan. Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT, Mulu Blasius, SE, CES menjelaskan hal ini saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur NTT, Jumat (20/7/2018) malam. Menurutnya, Pemprov NTT masih menunggu penetapan formasi dari pemerintah pusat.

Baca: ARMY Heboh Dengan Cuitan Produser Hip Hop Amerika TM88 tentang Suga BTS, Kenapa?

Baca: Poster Drakor 30 But 17 Telah Dirilis, Catat Jadwal Tayang Perdananya!

"Memang kita usulkan kemarin itu sekitar 1.200 lebih CPNS. Kita lakukan pengusulan sesuai formasi pusat, yakni untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan masih dominan."

Halaman
1234
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved