Ini Penjelasan Kadis Peternakan Manggarai Soal Peternakan Babi dan Ayam di Pagal

Kadis Peternakan Kabupaten Manggarai, Dan Konstantinus mengatakan, pekerjaan proyek peternakan sudah dilaksanakan tahun 2017.

Ini Penjelasan Kadis Peternakan Manggarai Soal Peternakan Babi dan Ayam di Pagal
ISTIMEWA
Bupati Manggarai,Dr.Deno Kamelus,S.H,M.H bersama staf Humas Manggarai naik mobil terbuka menuju ke lokasi pembibitan babi dan ayam di Kelurahan Pagal,Cibal 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM | RUTENG - Kepala Dinas (Kadis) Peternakan Kabupaten Manggarai, Dan Konstantinus kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng,Selasa (12/6/2018) siang, mengatakan, kalau pekerjaan proyek peternakan tersebut sudah dilaksanakan oleh pihak penyedia pada tahun 2017.

Mengenai produksi ayam petelurnya sendiri,kata Kadis Dan, telah dimulai sejak bulan Maret tahun 2018.

Baca: Kepala SMAN 5 Kupang Janji Taati Pergub dan Juknis Terkait PPDB 2018

"Saat ini jumlah ayam petelur sebanyak 1.400 ekor.Sedangkan babi sebanyak 44 ekor. Semua ternak ini milik Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai. Produksinya baru mencapai 25 persen karena baru berjalan dua bulan. Produksi maksimal diperkirakan sampai bulan Agustus yakni sekitar 70%," tuturnya.

?Lebih lanjut,kadis Dan,menyampaika,tahun 2018 akan dibuat instalasi pengelolaan limbah.

Dengan tersedianya instalasi tersebut,lanjutnya, limbah ternak tidak akan terbuang karena menjadi bahan baku pembuatan pupuk bokasi.

"Untuk mengantisipasi pencemaran lingkungan maka air cuci kandang yang sampai ke got dan penyebab sumber bau sudah ada solusinya. Karena itu tahun 2018 ada paket kandang dengan septic tank. Kita juga tambahkan 10 karung dedak supaya tebal dan tidak menimbulkan bau. Alas kandang itu nantinya menjadi sumber bahan baku pupuk bokasi. Untuk para petani simantri yang berada di sekitar lokasi, bisa ambil sendiri cirit ternak tersebut,"jelas Kadis Dan. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved