Server Disdukcapil Nagekeo Bermasalah, Ini Akibatnya

Di tengah upaya Disdukcapil Nagekeo mempercepat proses perekaman KTP Elektronik, dinas ini harus berhadapan dengan persoalan peralatan tidak memadai.

Server Disdukcapil Nagekeo Bermasalah, Ini Akibatnya
POS-KUPANG.COM/ADIANA AHMAD
Warga mengantre di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mendapatkan KTP Elektronik, Senin (16/4/2018). 

Laporan wartawan Pos-Kupang.Com, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, MBAY - Di tengah upaya Disdukcapil Nagekeo mempercepat proses perekaman KTP Elektronik, dinas ini harus berhadapan dengan persoalan peralatan yang tidak memadai.

Salah satu persoalan yang cukup menghambat kegiatan Disdukcapil mempercepat perekaman KTP Elektronik yakni cara kerja server SIAK yang mulai melambat dan sering terganggu karena faktor usia. Kondisi ini diperparah dengan keterbatasan kendaraan untuk perekaman KTP Elektronik secara mobile.

Baca: Disdukcapil Temukan 1.184 Pemilih Bukan Penduduk Nagekeo

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nagekeo, Paul Sole, di Mbay, Senin (16/4/2018), mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan telaahan ke Bupati Nagekeo untuk pengadaan server baru. Namun, belum diakomodir karena keterbatasan anggaran.

Baca: Para Kepala SD di Solor Mengadukan Pengelolaan Dana BOS ke DPRD Flotim

Demikian juga, kata Paul, dengan kendaraan operasional. "Katanya mau dibantu. Tapi sampai saat ini belum ada realisasi. Kita bekerja saja dengan peralatan yang ada. Kita tetap berupaya. Tapi kalau sampai hati H, tidak selesai, sudah di luar kemampuan kita," kata Paul.

Baca: Bupati Titu Eki Serukan Perangi Human Trafficking, Lakukan dengan Cara Ini

Akibat sistem kerja server terganggu, Senin (16/4/2018), warga harus mengantre di Disdukcapil untuk mendapatkan KTP. Aktivitas di Disdukcapil juga terhenti karena server terganggu.

Beberapa staf Disdukcapil Nagekeo yang ditemui di halaman kantor dinas tersebut, mengatakan, gangguan seperti itu terjadi hampir setiap hari bahkan setiap saat yang berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help