Pilkada Nagekeo

Server SIAK Terganggu, Ribuan Wajib Pilih di Nagekeo Terancam tidak ikut Pilkada

Hak pilih ribuan wajib pilih tersebut hilang karena tidak terekam akibat gangguan pada server sistem informasi administrasi kependudukan.

Server SIAK Terganggu, Ribuan Wajib Pilih di Nagekeo Terancam tidak ikut Pilkada
POS KUPANG/ADIANA AHMAD
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nagekeo, Weke Andreas di depan Server SIAK yang sudah berumur tujuh tahun, Selasa (27/3/2018). 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, MBAY - Ribuan wajib pilih di Nagekeo terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur NTT dan Pemilihan Bupati Nagekeo tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Hak pilih ribuan wajib pilih tersebut hilang karena tidak terekam akibat gangguan pada server sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nagekeo, Weke Andreas yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/3/2018), mengatakan, server yang ada sudah tidak mampu menampung data yang ada dan sering mengalami gangguan.

"Kalau server sudah terganggu, seluruh data yang ada hilang dan harus diulang dari awal.

Baca: Komisi Saksi Nasdem Manggarai Barat Segera Dilantik, Ini Tugas Mereka

Perekaman juga terganggu karena data-data dari desa masuk semua ke server. Server harus dalam posisi hidup 1x 24 jam," kata Andreas.

Andreas yang saat itu didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Krispinus S.Ledo Bude,S.T, menjelaskan, server sesuai umur ekonomis hanya bertahan sampai lima tahun.

Sedangkan server yang ada, katanya sudah berusia tujuh tahun.

Terhadap hal tersebut, lanjutnya, sudah pernah disampaikan kepada bupati namun belum ada kepastian.

Halaman
12
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help