TERNYATA! Kebijakan Sistem Pengupahan PT. MSM Sumba Timur Lebih Menguntungkan Para Buruh

Hal ini karena penghasilan mereka meningkat dibandingkan dengan sebelumnya diterapkan sisten PHL.

TERNYATA! Kebijakan Sistem Pengupahan PT. MSM Sumba Timur Lebih Menguntungkan Para Buruh
POS KUPANG/ISTIMEWA
Pihak Dinas Transnaker Sumba Timur sedang mewawancari pihak buruh di Perkebunan PT.MSM. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Robert Ropo

POS KUPANG.COM, WAINGAPU - Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (TransNaker) Kabupaten Sumba Timur mendatangi dan mewawancarai langsung para buruh yang bekerja pada Perkebunan Tebu milik PT. Muria Sumba Manis (MSM), Selasa (6/3/2018).

Ini dilakukan sebagai tindaklanjut terkait ada pihak tertentu yang peduli dengan upah buruh yang bekerja di perkebuan tebu di Wanga Desa Wanga Kecamatan Umalulu.

Sekertaris Dinas TransNaker Kabupaten Sumba Timur, Donatus Hadut, SH ketika ditemui Pos Kupang.Com di ruang kerjanya, Rabu (7/3/2018) siang mengatakan,

saat mengidentifikasi di lapangan tersebut pihaknya menemukan fakta bahwa adanya perubahan sistem pekerja harian lepas (PHL) ke satuan hasil yang dilakukan oleh pihak PT. MSM tersebut justru disyukuri oleh para buruh.

Baca: Mantap! Ini Langkah Penyelamatan Camat Aleksius Untuk Anak-anak SMPN 10 Lamba Leda

Hal ini karena penghasilan mereka meningkat dibandingkan dengan sebelumnya diterapkan sisten PHL.

"Contoh sederhana adalah sistem yang dipakai pihak perusahaan dimana lahan seluas satu hektara itu Rp 3 juta, dan untuk bisa kerja dalam tujuh jam untuk mendapatkan Rp 3 juta dengan membutuhkan minimal tenaga kerja sebanyak 20 orang, maka 20 orang ini bekerja maka dibagi satu hari Rp 150 ribu perorang.

Dibanding dengan sistem PHL yang nota bene upahnya persatuan waktu perhari dengan tujuh jam berkerja sekian upah itu hanya memperoleh Rp 66.400 perorang, maka yang lebih menguntungkan buruh adalah sistem satuan hasil yang diterapkan pihak Perusahan sekarang dengan upah Rp 150 ribu perhari," jelas Hadut.

Baca: ASTAGA! Luapan Air Kali Boentuka Genangi Persawahan Warga

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help