Beasiswa PIP Harus Tepat Sasaran

Ia pun menegaskan agar dana itu digunakan untuk keperluan sekolah. Beli buku dan bayar uang sekolah. Meskipun

Beasiswa PIP Harus Tepat Sasaran
POS KUPANG/NOVEMY LEO
Anggota DPR RI Anita Jacoba Gah sedang menjelaskan ikhwal dana PIP kepada siswa di SMA Kristen 2 SoE, Kamis (2/11/2017). 

POS KUPANG.COM - Sejumlah siswa di Kota Kupang pada Kamis (22/2/2018) telah mendapat beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari negara yang diserahkan melalui Anggota DPR RI, Anita Jacoba Gah. Ratusan siswa tentu senang dana yang diterima tersebut karena bisa mengurangi beban orangtua.

Namun, kita perlu melihat lagi apakah benar bahwa beasiswa untuk pendidikan bagi anak-anak ini digunakan secara benar oleh para orangtua.

Anita Jacoba Gah yang merupakan anggota DPR RI dari Partai Demokrat mengingatkan orangtua dan siswa penerima beasiswa PIP agar uang itu tidak boleh digunakan untuk beli Handphone (Hp).

Ia pun menegaskan agar dana itu digunakan untuk keperluan sekolah. Beli buku dan bayar uang sekolah. Meskipun kecil tapi gunakan dengan penuh tanggung jawab. Bahkan sebagai anggota DPR RI dirinya akan melakukan pengawasan terhadap pencairan beasiswa PIP.

Kita berharap agar dana beasiswa ini benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan peserta didik. Antara lain membeli perlatan pendukung seperti pakaian seragam, sepatu dan tas sekolah.

Dana itu juga bisa digunakan membeli buku cetak atau buku tulis dan peralatan belajar lainnya. Dan, tidak kalah penting dana yang ada digunakan untuk membeli makanan yang menjadi sarapan layak dan sehat bagi anak-anak.

Kita menolak bila anggaran yang ada dimanfaatkan oleh orangtua untuk membeli Hp baru atau beli pulsa, bahkan orangtua membeli pakaian pesta untuk orangtua. Atau lebih parah lagi kalau dana beasiswa itu digunakan untuk berjudi atau beli minuman keras.

Untuk mengawasi agar dana yang diterima itu tepat sasaran, perlu keterlibatan aparat pemerintah di tingkat lurah hingga RT dan RW.

Dalam pengawasan ini, peran Ketua RT paling dibutuhkan agar para orangtua tahu benar bahwa dana untuk siswa diberikan pemerintah benar-benar untuk siswa, bukan kepentingan orangtua. Ini dimaksudkan agar anak-anak bisa sukses dalam belajar demi masa depan mereka. Bila dana digunakan untuk kepentingan orangtua dikhawatirkan anak-anak yang mendapat beasiswa gagal dalam sekolah.

Kita pasti mendukung pemberian beasiswa PIP ini, namun pemberian ini juga harus tepat sasaran. Agar tepat sasaran, maka perlu pengawasan.

Kita juga ingin mengritik pemerintah sebagai pemberi beasiswa. Kita ingin agar setiap siswa yang menerima dana PIP adalah benar-benar siswa yang membutuhkan biaya. Kita tidak ingin nantinya dana beasiswa diterima oleh siswa yang orangtuanya cukup mampu secara ekonomi.

Sebab, selain dana itu tidak tepat sasaran, kita juga khawatir dana disalahkangunakan oleh para siswa untuk membeli barang-barang yang tidak mendukung kegiatans ekolahnya.*

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help