A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Mantan Bendahara SMKN 1 Ende Jadi Tersangka - Pos Kupang
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Pos Kupang

Mantan Bendahara SMKN 1 Ende Jadi Tersangka

Selasa, 5 Maret 2013 10:17 WITA
POS-KUPANG.COM, ENDE, PK -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ende menetapkan mantan bendahara SMKN 1 Ende, Mts sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan uang gaji seorang guru di sekolah tersebut dari tahun 2001 hingga 2012.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ende, Ery Ariansyah Harahap, S.H mengatakan hal tersebut kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/3/2013).

Harahap yang didampingi Kasi Intel, Samsu Evendy, S.H mengatakan, penetapan status Mts sebagai tersangka setelah pihak kejaksaan melakukan serangkaian penyelidikan atau yang lazim dikenal dengan lid.

Dengan ditetapkannya Mts sebagai tersangka, jelas Harahap, maka proses hukum yang bersangkutan meningkat menjadi penyidikan. "Sebelumnya yang bersangkutan masih berstatus menjadi calon tersangka, namun kini kasusnya meningkat menjadi tersangka," kata Harahap.

Harahap mengatakan, berdasarkan pemeriksaan diketahui bahwa modus yang dilakukan mantan bendahara, Mts adalah yang bersangkutan  menggelapkan uang salah seorang rekan guru yang pernah mengajar di sekolah tersebut.

"Artinya, dalam bukti penerimaan seakan-akan ada guru yang menerima uang, padahal guru tersebut sudah lama pindah ke Pulau Jawa. Namun oleh Mts tetap memasukkan jumlah guru yang bakal menerima uang gaji di SMKN 1 Ende, namun uang yang ada justru dipergunakan untuk kepentingan dirinya," kata Harahap.

Perbuatan Mts, jelas Harahap,  menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 250 juta. "Kami heran kok selama 10 tahun perbuatan Mts tidak ada yang mengetahuinya. Kami akan mendalami apa perbuatan itu dia sendiri atau ada keterlibatan pihak lain," kata Harahap.

Tersangka, jelas Harahap, diancam dengan pasal korupsi, yakni pasal 3 dan 9 UU Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi. Pasal 3 ancaman hukumannya 1 sampai 20 tahun penjara, sedangkan pasal 9 ancaman hukuman 1 tahun sampai 5 tahun penjara.

Untuk sementara dalam kasus tersebut baru Mts yang ditetapkan sebagai tersangka. Namun  tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lain tergantung dari hasil penyidikan pihak Kejari Ende. "Mts ditetapkan sebagai tersangka pada 29 Januari 2013," kata Harahap ketika ditanya tentang waktu penetapan Mts sebagai tersangka.

STORY HIGHLIGHTS
* Gelapkan uang selama 2001 hingga 2012
* Guru sudah lama pindah ke Pulau Jawa
* Mts tetap masukkan nama sebagai penerima gaji
* Seakan-akan ada guru yang terima uang
* Ditetapkan jadi tersangka 29 Januari 2013
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
95572 articles 14 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas