Berita Kota Kupang

Universitas Terbuka Kupang Wisudakan 698 Lulusan

Universitas Terbuka sebagai pelopor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia, pengembangan sistem pendidikan merupakan hal yang utama

Penulis: Ray Rebon | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Suasana acara wisuda mahasiswa Universitas Terbuka Kupang periode I tahun 2023 di Hotel Aston Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka atau UPBJJ-UT Kupang mewisudakan 698 lulusan periode I tahun 2023 di Aston Hotel Kupang, Selasa 16 Mei 2023. Ratusan lulusan yang berbeda profesi itu berasal dari 22 Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Universitas Terbuka Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. menyampaikan saat ini telah memasuki era keterbukaan dengan penuh persaingan yang ditandai dengan kemajuan teknologi.

Era saat ini menuntut semua orang untuk tidak hanya responsif terhadap penguasaan teknologi, namun penguasaan lintas kedisiplinan ilmu yang menguatkan atau menopang disiplin ilmu yang digeluti. Maka, dirinya meminta agar para lulusan Universitas Terbuka dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman, supaya dapat menjadi lulusan yang berkualitas yang dapat bersaing pada dunia kerja.

Menurut dia, UT merupakan salah satu PTN yang memperoleh mandat untuk segera merubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Baca juga: Calon Wisudawan Universitas Terbuka Kupang Ikut Seminar Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan PMI

Perubahan tersebut, menurut dia akan mendapat manfaat yang lebih banyak lagi, seperti; menetapkan kebijakan secara otonom, pengelolaan keuangan yang lebih mandiri dan keleluasan di dalam pembukaan atau penutupan program studi.

"Dengan berubah status dari PTN BK BLU menjadi PTN BH, maka UT dapat lebih mandiri dan juga lebih leluasa untuk berkembang dan cepat bergerak melakukan inovasi dengan kebijakan intrrnal," ujarnya.

Universitas Terbuka sebagai pelopor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia, pengembangan sistem pendidikan merupakan hal yang utama, maka perubahan menjadi PTN BH dapat membantu proses UT dalam mencapai hal tersebut.

Universitas Terbuka juga menyiapkan berbagai layanan kepada masyarakat luas yang membutuhkan layanan khusus, seperti program sertifikat dalam bentuk Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) yang dapat dimanfaatkan oleh aparat pemerintahan desa, sekolah dan masyarakat luas.

Baca juga: Universitas Terbuka Menjadi Konektivitas Paling Mudah di NTT

"Sisi kelembagaan, kami juga telah upayakan pengembangan Prodi sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya," kata dia lagi.

Diakhir sambutannya, Yos menyampaikan bahwa keberhasilan yang telah diraih para lulusan merupakan bukan akhir dari sebuah perjuangan, namun awal untuk menapak ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kami berharap kalian semua terus berkarya, mengisi kehidupan dengan belajar sepanjang hayat serta senantiasa meningkatkan semangat kepemimpinan dan perkuat solidaritas dengan adab yang baik, demi berikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara," tambahnya.

Sementara itu, Direktur UPBJJ-UT Kupang, Drs. Yos Sudarso menyampaikan acara wisuda merupakan kegiatan puncak akademik dan sebagai wadah serimonial pelepasan mahasiswa secara resmi, yang telah menyelesaikan seluruh kegiatan akademik di UT Kupang.

Baca juga: Suasana Penyerahan Ijazah Mahasiswa Universitas Terbuka di Hotel Aston Kupang

Disampaikan bahwa sejak UT berdiri pada tahun 1984, jumlah mahasiswa UT NTT sebanyak 63.473 orang dan yang telah lulus sebanyak 40.586 alumni.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved