Berita Kota Kupang

Manfaatkan Sumber Air SPAM Kali Dendeng, PDAM Kota Kupang Kerjakan 1.081 Sambungan Rumah

Direktur PDAM Kota Kupang Frederik Maro mengatakan, sambungan rumah akan dikerjakan sepanjang tahun 2023 dan menyebar di seluruh wilayah Kota Kupang.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Direktur PDAM Kota Kupang Frederik Maro mengatakan, sambungan rumah menggunakan sumber air SPAM Kali Dendeng akan dikerjakan sepanjang tahun 2023 dan menyebar di seluruh wilayah Kota Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - PDAM Kota Kupang akan mengerjakan 1.081 Sambungan Rumah atau SR jaringan air minum bagi masyarakat dengan sumber air SPAM Kali Dendeng.

Direktur PDAM Kota Kupang Frederik Maro mengatakan, sambungan rumah itu akan dikerjakan sepanjang tahun 2023 dan menyebar di seluruh wilayah Kota Kupang.

PDAM mencatat kini sudah ada 1.600 SR yang melayani masyarakat. Jumlah itu merupakan bantuan pemerintah pusat dan daerah. Frederik berkata, jumlah ini juga sudah ada jaringan pipa sekunder dan tersier ke berbagai wilayah. 

Rencananya tahun ini akan dibangun juga jaringan pipa sekunder dan tersier oleh PUPR. PDAM Kota Kupang akan melakukan sambungan ke rumah-rumah berdasarkan jaringan pipa utama yang ada. 

Baca juga: Daftar Bacaleg ke KPU, Ketua PSI Kota Kupang Ingatkan Empati 

Hingga kini, ia mengaku optimalisasi sumber air di Kali Dendeng belum berjalan maksimal karena jaringan pipa sekunder dan tersier yang belum terpasang. Menurut dia debit air di SPAM Kali Dendeng sebesar 150 liter per detik. 

"Untuk dampak langsung karena kurang optimal ya tidak ada. Karena memang dia punya produksi seperti itu, jadi dampak ke seperti mesin tidak ada," katanya. 

Dengan durasi aliran air ke warga tiga kali dalam sepekan, Frederik menyebut tiap pekan SPAM Kali Dendeng mengalirkan 9000 liter kubik air ke masyarakat, dengan satu kali waktu aliran 3000 liter kubik. Waktu produksi sendiri, kata dia, 4-8 jam dalam satu kali masa aliran ke masyarakat. 

Hingga kini secara keseluruhan ada 14 ribu sambungan rumah dengan 11 ribu kategori aktif. Sementara itu, pengerjaan SR baru ini rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Frederik juga menyebut dalam waktu dekat PDAM Kota Kupang akan melaunching sebuah program kerja sama dengan Bank NTT untuk memudahkan masyarakat mendapat SR. 

Baca juga: Harga Anak Kost, Abon Ikan Tuna Laut Sawu Hadirkan Kemasan Ekonomis

Bank NTT akan membiayai proses pemasangan sambungan rumah. Nantinya masyarakat yang mendapat sambungan rumah bisa menyicil ke Bank NTT. Langkah ini dilakukan mengingat anggaran yang ada di PDAM sangat terbatas. 

Sisi lain, PDAM juga sedang melakukan upaya lain bekerja sama dengan Pelindo Tenau Kupang untuk distribusi air ke kapal-kapal ketika berlebih di pelabuhan Tenau Kupang. (Fan)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved