Berita Flores Timur

Pemda Flores Timur Ciptakan Iklim Kondusif di Lahan Sengketa Eks Kantor PU

Polemik kepemilikan lahan eks Kator Pu Larantuka seluas 1,6 hektar masih meninggalkan potensi konflik antara Pemerintah Daerah atau Pemda Flores Timur

Editor: Oby Lewanmeru
POS-KUPANG.COM/PAUL KABELEN
LAHAN SENGKETA-Lahan eks Kantor PU Larantuka masih menjadi polemik antara Pemda Flores Timur dan ahli waris Aloysius Boki Labina. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Kabelen

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA - Polemik kepemilikan lahan eks Kator Pu Larantuka seluas 1,6 hektar masih meninggalkan potensi konflik antara Pemerintah Daerah atau Pemda Flores Timur dengan ahli waris Aloysius Boki Labina.

Pasca membeberkan putusan kakasi menang perkara Mahkama Agung lengkap dengan tanda terima, pihak ahli waris tetap menduduki lahan di Kelurahan Waihali, Kecamatan Larantuka dengan dalil menang perkara di Pengadilan Negeri Larantuka dan Pengadilan Tinggi Kupang.

Pihaknya membantah tak pernah melakukan Peninjauan Kembali (PK) atas klaim Pemda yang menyatakan menang perkara.

Baca juga: Pemda Flores Timur Beberkan Tanda Terima Putusan Kasasi Eks Kantor PU

Polemik ini pun menggerakan Aliansi Lebao Bangkit melakukan demonatrasi di Kantor Bupati Flores Timur, Rabu 1 Februari 2023.

Para aktivis mendesak Pemda Flores Timur membuktikan keabsahan legalitas status tanah eks kimpraswil itu. Pendemo juga menuntut Pemda Flores Timur membayar uang ganti rugi atau mengembalikan lahan, serta menghentikan kekisruhan yang belum menemukan kata mufakat itu.

Menanggapi pihak ahli waris yang menduduki lahan dan aksi demonstrasi, Pemda Flores Timur menyatakan tetap menciptakan iklim kondusif terhadap warganya sendiri.

Baca juga: Polemik Lahan Eks Kantor PU Larantuka, Keluarga Labina Minta Ganti Rugi

"Pemda Flores Timur terus berupaya menghindari terjadinya bentrokan antara pemerintah dengan warganya sendiri, khususnya keluarga almarhum Aloysius Boki Labina. Upaya demi upaya sudah dilakukan secara persuasif dan edukatif terus dilakukan oleh pemerintah, bahkan sampai dengan saat ini dimana Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si ditugaskan sebagai Penjabat Bupati Flores Timur," demikian bunyi keterangan rilis Nomor : Diskominfo.500.12/03/sekret/2023 diterima wartawan, Jumat 3 Februari 2023.

Dalam rilis itu dijelaskan, tanggal 20 Juli 2022 sudah dilakukan pertemuan bersama keluarga almarhum Aloysius Boki Labina dan kuasa hukumnya, Gregorius Duran di ruangan Sekda Flores Timur. Pertemuan yang dipimpim Paulus Igo Geroda telah memberikan kesempatan bagi Aloysius Boki Labina menyampaikan sikapnya.Dalam sikapnya, ahli waris mempertahakan status kepemilikan tanah dan menyatakan Pemda Flotim belum membayar lunas. Pihaknya meragukan keabsahan putusan Peninjauan Kembali (PK) yang dikeluarkan Mahkama Agung.

Baca juga: MoU dengan Kejaksaan, Pemda Flotim Siap Tertibkan Tanah Eks Kantor PU

"Bagi keluarga Labina tidak ada bukti putusan bahwa mereka kalah dalam perkara ini, oleh sebab itu mereka minta bukti dan penjelasan yang dapat dipertanggung jawabkan dalam masalah ini," bunyi surat saat melakukan pertemuan bersama.

Namun, Pemda yang berpegang pada menang Kasasi dan PK berencana membangun infrastruktur di atas tahan eks PU. Pemda mempersilahkan ahli waris kembali menempuh jalur hukum jika masih keberatan.

Lantaran tak ada kata mufakat, ahli waris meminta pertemuan lanjutan melibatkan unsur Forkompinda dan OPD. Rapat yang dipimpin Penjabat Sekda Flores Timur, Petrus Pedo Maran tanggal 12 Oktober 2022 memberikan pandangan bahwa lahan sengekta sudah final berdasarkan putusan PK.

Baca juga: Pemda Flores Timur Surati Jaksa Amankan Lahan Eks Kantor PU Larantuka

Petrus Pedo Maran meminta pengertian baik dari ahli waris agar lahan 1,6 hektar itu dimanfaatkan untuk pembangunan infrastukrur perkantoran.

"Apapun sikap dan pandangan kita, sebagai orang lamaholot, kita hendaknya saling menghargai dan mau mendengarkan apapun pandangan yang disampaikan oleh masing-masing pihak, sehingga pertemuan kali ini dapat membuahkan hasil untuk kita semua," jelas Pedo Maran dalam rilis itu. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved