Berita Alor

Komitmen Raih WBK, Lapas Kalabahi Tandatangani Pakta Integritas

tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud komitmen bersama untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas,

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ELSE NAGO
PAKTA INTEGRITAS - Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan bersama seluruh jajaran menandatangani beberapa dokumen Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023. Selasa 24 Januari 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Else Nago

POS-KUPANG.COM, KALABAHI - Lapas Kelas IIB Kalabahi berkomitmen mewujudkan predikat Wilayah Bebas  Korupsi atau WBK Tahun 2023.

Sedangkan Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan bersama seluruh jajaran menandatangani beberapa dokumen Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023 diantaranya, yakni Piagam Pencanangan, Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi Tahun 2023.

Yusup menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud komitmen bersama untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja ASN di lingkup Lapas Kalabahi sebagai dasar untuk meraih predikat WBK Tahun 2023.

Baca juga: Setubuhi Anak di Bawah Umur, Sopir Angkot di Alor Ditangkap

“Tujuan lainnya, yakni melaksanakan reformasi birokrasi dengan menjalankan manajemen pemerintah mulai dari perencanaan, pengawasan, evaluasi, koordinasi, sinkronisasi, preventif, antisipatif, simpatik, resolusi serta menjalankan pengelolaan manajemen yang optimal sebagai upaya membangun SDM yang unggul, berdaya saing dan kompeten,” ujarnya, Selasa 24 Januari 2023.

Adapun 6 asas yang disampaikan Yusup dalam menuju WBK dan WBBM. 

"Hari ini kita telah menandatangani dokumen bahwa kita telah berjanji dan menunjukkan komitmen kita kepada negara untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM dengan : 1) Berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela; 2) Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 3) Bersikap transparan, jujur, obyektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas; 4) Menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas; 5) Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada pegawai yang berada dibawah pengawasan dan sesama pegawai secara konsisten; dan 6) Menyampaikan informasi penyimpangan integritas serta menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya," jelasnya

Tidak hanya itu, yusup juga minta komitmen  seluruh pegawai serta pejabat struktural, untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.

Baca juga: Kasus Penganiayaan Ketua DPRD Alor, 13 Saksi Diperiksa Polres Alor

"Kita bekerja untuk melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Saya minta komitmen bersama seluruh pegawai Lapas Kalabahi agar dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas dengan menerapkan Tata Nilai PASTI, Profesional, Akuntabel, Sinergi, dan Inovatif. Semuanya itu dilakukan untuk memuaskan masyarakat dan untuk mengurangi adanya komplain dari masyarakat," ucapnya.

Pada akhir arahan, Yusup mengajak seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi agar siap mendukung program kerja Kementerian Hukum dan HAM RI dibawah Kepemimpinan Menteri Yasonna H. Laoly, dan Kanwil Kemenkumham NTT dibawah kepemimpinan, Kakanwil Marciana D. Jone.

Kegiatan penandatanganan dokumen Piagam Pencanangan dan Pakta Integritas oleh Kalapas Kalabahi dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Dokumen Komitmen Bersama oleh seluruh pejabat struktural, staf. Kegiatan ini dilaksanakan pada saat apel pagi di Lapas Kelas IIB Kalabahi. (cr19).

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved