Berita Sumba Barat

Lapas Kelas II B Waikabubak Ikut Perayaan Natal Oikumene Kementerian Hukum dan HAM RI

Perayaan Natal Oikumene tersebut diselenggarakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) RI  yang berpusat di Graha Pengayoman,Jakarta.

Penulis: Petrus Piter | Editor: Oby Lewanmeru
POS-KUPANG.COM/HO
NATAL BERSAMA - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Waikabubak, Sumba Barat mengikuti Natal Oikumene secara daring yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM RI, Sabtu 21 Januari 2023. 

Lapas Kelas II B Waikabubak Ikut Perayaan Natal Oikumene Kementerian Hukum Dan HAM RI

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter
POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas II B Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT yang dipimpin Yohanis Varianto bersama jajarannya turut serta mengikuti ibadah dan perayaan Natal Oikumene secara daring di aula terbuka Lapas Kelas II B Waikabubak.

Perayaan Natal Oikumene tersebut diselenggarakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) RI  yang berpusat di Graha Pengayoman, Jakarta Pusat, Sabtu 21 Januari 2023.

Perayaan Natal Oikumene disiarkan secara langsung dan diikuti seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM RI.

Hadir dalam ibadah Natal Oikumene tersebut adalah Pendeta Jimmy M.R.Lumitang, M.Th, MBA, Pastor Frumens Gion,OFM, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly  Ketua Oikumene Kemenkumham, Reinhard Silitonga,  Wakil Gubernur NTT  Josef Nae Soi serta seluruh jajaran pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Kemenkumham RI.

Baca juga: Natal Oikumene Kemenkumham RI, Momentum Memberi Diri untuk Melayani

Ibadah Natal Oikumene diawali doa yang dipimpin Pendeta Jimmy, dilanjutkan nyanyian dan puji-pujian, serta pembacaan firman Tuhan dan khotbah oleh Pastor Frumens.

Pastor Frumens dalam kotbahnya mengatakan, tema Natal Oikumene kali ini adalah Pulanglah Mereka Melalui Jalan Lain.

Ada tiga kata kunci untuk dapat memahami hikmat Natal. Ketiga kata kunci itu adalah damai, Penjernihan dan Cinta.

Menurut Pastor Frumens, Natal adalah tentang damai. Damai adalah sikap sahaja, sehat relasi kita satu sama lain dan relasi kita dengan Tuhan serta asal usul hidup kita.

Lebih lanjut, Pastor Frumens menyatakan Damai adalah tentang kecakapan kita untuk berjumpa dengan sesama.

Yang kedua, Natal adalah tentang sikap mengambil keputusan dan menjalankan keputusan itu.

Di dalam Natal dibutuhkan sikap taat, mendengarkan diri sendiri dan mendengarkan Tuhan yang berbicara pada kita. Natal adalah tentang cinta. Tentang pemberian diri.

Karena itu, kita sebagai pengikut Kristus dan warga Indonesia, mari kita melayani satu sama lain, mari kita memberikan yang terbaik bagi lembaga kita bertugas dan bagi Indonesia yang kita cintai.

Acara natal dimeriahkan dengan pembakarann lilin Natal secara bersama-sama oleh Pendeta Jimmy, Pastur Frumens, Menkumham Yasonna, perwakilan Penasihat Oikumene, Sam Tobing, Perwakilan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi,  Ketua Oikumene, Ketua Pelaksana Natal Tahun 2022 dan lainnya.

Ibadah dan perayaan Natal Oikumene bersama ditutup doa oleh Pendeta Jimmy dan nyanyi-nyanyian dari sejumlah grup Paduan Suara.  (pet)

Ikuti berita POS- KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Baca Juga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved